تغييرات الوزن العروضي في شعر "بانت سعاد" لكعب بن زهير

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rika, Mudrikatul Alawiyah (2019) تغييرات الوزن العروضي في شعر "بانت سعاد" لكعب بن زهير. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mudrikatul Alawiyah_A91215116.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ka’ab bin Zuhair merupakan salah satu penyair mukhdlaramun, yaitu penyair yang hidup dalam dua masa yakni masa jahiliyah dan masa Islam, diantara karyanya yang masyhur adalah syair “baanat su’aad” puisi tersebut merupakan puisi madh (pujian) yang disampaikan di depan nabi muhammad SAW. Puisi tersebut terdiri dari 59 bait, dan seluruhnya akan dibahas dalam skripsi ini. Maka fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Apa wazan arudl yang terdapat dalam Syair “Baanat Su’aad” karya Ka’ab bin Zuhair? (2) Bagaimana perubahan wazan arudl yang terdapat dalam Syair “Baanat Su’aad” karya Ka’ab bin Zuhair?.Tujuan pembahasan ini untuk mengetahui macam-macam wazan arudl dan perubahannya yang terdapat pada syair “Baanat Su’aad”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yaitu bahwa data dalam penelitian ini berupa kata-kata dam tidak berupa angka yaitu berupa wazan-wazan arudl dan perubahannya. Jenis penelitian ini adalah teori analisis sastra yakni dengan menguraikan bentuk wazan (irama) dalam syair “Baanat Su’aad” dan perubahan-perubahan bentuk zihaf (kecepatan irama) dan illat (kecacatan irama).Temuan hasil penelitian ini menunjukkan: a)Syair “Baanat Su’aad” karya Ka’ab bin Zuhair menggunakan bahar basith dengan wazan berikut: مُسْتَفْعِلُنْ فَاعِلُنْ مُسْتَفْعِلُنْ فَاعِلنْ * مُسْتَفْعِلُنْ فَاعِلُنْ مُسْتَفْعِلُنْ فَاعِلنْ, b) Perubahan-perubahan wazan arudl yang ditemukan dalam syair “baanat su’aad” karya Ka’ab bin Zuhair adalah sebagai berikut: 1. Zihaf (perubahan yang terjadi pada huruf ke-2 dari sabab khafif dan sabab tsaqil yang ada pada taf’ilah). Dalam syair ini terdapat dua macam zihaf yaitu zihaf khabn terdapat pada bait ke- 1-15, 17-23, 25, 27-33, 35-38, 40, 42-57, 59 dan zihaf thayyu, terdapat pada bait ke- 7, 23, 36, 59. 2. Illat (perubahan yang terjadi pada huruf ke-2 dari sabab khafif dan sabab tsaqil, demikian juga dari watad majmu’ dan watad mafruq yang ada pada arudl dan dharab bait sya’ir). Dalam syair ini terdapat satu macam illat yaitu qatha’ yang terdapat pada bait ke- 1-59.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rika, Mudrikatul Alawiyahmudrikatulalawiyah89@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Adab
Bahasa Arab
Sastra
Uncontrolled Keywords: Arudl, Ka’ab bin Zuhair
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Alawiyah Mudrikatul
Date Deposited: 11 Feb 2019 03:50
Last Modified: 11 Feb 2019 03:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29530

Actions (login required)

View Item View Item