الصراع في القصة القصيرة "في سنة ((مليون))" لتوفيق الحكيم

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khasanah, Ratna Uswatun (2019) الصراع في القصة القصيرة "في سنة ((مليون))" لتوفيق الحكيم. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ratna Uswatun Khasanah_A91215127..pdf

Download (1MB)

Abstract

Cerpen Fii Sanati Milyuun merupakan salah satu dari antologi cerpen Arinillah karya seorang sastrawan terkenal di Mesir yaitu Taufiq Al-Hakim. Dalam antologi cerpen tersebut terdapat 18 cerpen, namun peneliti lebih tertarik dengan cerpen yang berjudul Fii Sanati Milyuun. Karena cerpen tersebut menceritakan sebuah kejadian masa yang akan datang. Dimana masa yang hanya mengenal keabadian, dan tak mengenal kematian.Skripsi ini membahas tentang konflik internal dan konflik eksternal pada cerita pendek Fii Sanah Milyun Karya Taufiq Al Hakim. Dalam skripsi ini peneliti memiliki dua rumusan masalah, (1) Bagaimana konflik internal yang terjadi dalam cerpen Fii Sanah Milyun Karya Taufiq Al Hakim? (2) bagaimana konflik eksternal yang terjadi dalam cerpen Fii Sanah Milyuun Karya Taufiq Al Hakim?. Berdasarkan masalah yang dianalisis, maka peneliti menggunakan teori konflik Burhan Nurgiyantoro sebagai pisau analisisnya. Skripsi ini menganalisis konflik internal (konflik batin) dan konflik eksternal yang dibagi menjadi 2 yaitu konflik fisik dan konflik sosial yang ada pada cerpen Fii Sanah Milyuun Karya Taufiq Al Hakim. Data dari penelitian ini berupa kalimat dalam paragraf. Peneliti menggunakan pendekatan sosiologi sastra dalam penelitian ini. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif.Hasil dari penelitian ini adalah terdapat 20 data, konflik internal yang terjadi dalam cerpen Fii Sanah Milyuun Karya Taufiq Al Hakim terdapat 3 data, konflik eksternal jenis konflik fisik yang terjadi dalam cerpen Fii Sanah Milyuun Karya Taufiq Al Hakim terdapat 1 data, dan konflik eksternal jenis konflik sosial yang terjadi dalam cerpen Fii Sanah Milyuun Karya Taufiq Al Hakim terdapat 16 data. Dapat diketahui dari hasil analisis peneliti bahwa konflik yang banyak terjadi dalam cerita ini adalah konflik ekternal jenis konflik sosial. Karena, dalam cerita ini ilmuan geologi tidak hanya mersakan konflik internal atau batin saja, melainkan banyak konflik sosial yang berkaitan dengan tokoh lain. Dan seperti yang kita ketahui bahwasannya dalam kehidupan nyata manusia banyak sekali ditemukan konflik sosial. Karena sejatinya manusia adalah makhluk sosial, maka manusia juga tidak pernah jauh dari konflik sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khasanah, Ratna Uswatunratnauswatunk@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Adab
Bahasa Arab
Sastra
Uncontrolled Keywords: Konflik : cerpen Fii Sanati Milyuun : Taufiq Al Hakim.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Khasanah Ratna Uswatun
Date Deposited: 11 Feb 2019 02:40
Last Modified: 11 Feb 2019 02:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29500

Actions (login required)

View Item View Item