Peningkatan kemampuan berhitung menggunakan media permainan ular tangga pada anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak (TK) Zhafira Gedangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maisarah, Lestari (2019) Peningkatan kemampuan berhitung menggunakan media permainan ular tangga pada anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak (TK) Zhafira Gedangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maisarah Lestari_D78214028.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan anak kelompok A1 dalam melakukan kegiatan berhitung di Taman Kanak-Kanak (TK) Zhafira Gedangan Sidoarjo. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar anak dalam kegiatan berhitung menunjukkan bahwa anak yang tidak tuntas sebesar 50% (Mulai Berkembang) dan 31,25% belum berkembang). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan penggunaan media permainan ular tangga dalam rangka meningkatkan kemampuan berhitung pada anak usia 4-5 tahun dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung setelah penggunaan media permainan ular tangga pada anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak (TK) Zhafira Gedangan Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Penelitian ini terdiri dari pra siklus, siklus I, siklus II dan siklus III. Pada siklus I, II dan III terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, penilaian non tes dan dokumentasi. Teknik analisis pada penelitan ini menggunakan analisis deskripsi kualitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) penggunaan media permainan ular tangga berkembang sangat baik pada siklus III dengan menggunakan media permainan ular tangga dan ditambah dengan media poster angka. Hal ini dapat dilihat pada hasil observasi guru pada siklus I meningkat dari 50% (Cukup) menjadi 62,5% (Baik) dengan sangat baik pada siklus III yaitu 93,75%. Sama halnya dengan aktivitas anak juga meningkat dari siklus I sebesar 52,63 (Mulai Berkembang) menjadi 64,47 (Berkembang Sesuai Harapan) dan Berkembang Sangat Baik pada siklus III yaitu 80,26. Ini semua dikarenakan guru lebih bisa memperhatikan semua anak dan tidak membeda-bedakan kondisi anak di dalam kelas. Sehingga semua anak mendapatkan pengajaran yang sama pada siklus III. 2) Adanya peningkatan kemampuan berhitung setelah diterapkan media permainan ular tangga terlihat dari hasil ketuntasan anak melakukan kegiatan berhitung berkembang sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang menunjukkan bahwa hasil prasiklus sebesar 26,87 (Mulai Berkembang), pada tahap siklus I sebesar 45,93 (Mulai Berkembang), siklus II 56,40 (Berkembang Sesuai Harapan) dan pada siklus III menjadi 72,03 (Berkembang Sangat Baik) dan telah memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maisarah, Lestarilestarimaisarah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Belajar
Uncontrolled Keywords: Media Permainan Ular Tangga; Kemampuan Berhitung
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Lestari Maisarah
Date Deposited: 13 Feb 2019 02:21
Last Modified: 13 Feb 2019 02:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29498

Actions (login required)

View Item View Item