التشبيه وأغراضه في رواية "الأجنحة المتكسرة" لجبران خليل جبران

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aviana, Lia (2019) التشبيه وأغراضه في رواية "الأجنحة المتكسرة" لجبران خليل جبران. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lia Aviana_A91215109_BSA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tasybih dalam novel sayap-sayap patah karya Gibran Khalil Gibran. novel ini adalah salah satu novel yang menceritakan kisah cinta yang paling dikenal sepanjang masa, yang sering disandingkan dengan Romeo & Juliet karya William Shakespeare. Bahasa yang digunakan Gibran dalam buku ini berbeda dengan yang dipergunakan dalam karya-karya sebelumnya. Bahasa yang digunakan dalam mengungkapkan segala jenis perasaan lebih banyak menggunakan tasybih agar lebih mengena dihati pembaca, novel ini merupakan salah satu best seller karya Gibran Khalil Gibran. Penulisan skripsi ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sebagai metode analisisnya. Pengumpulan data menggunakan literature-literatur atau karya ilmiah lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini serta mengambil dari data primer maupun data sekunder. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) yang membahas tentang macam-macam dan tujuan tasybih dalam novel tersebut. Dari penelitian tersebut peneliti merumuskan dua rumusan masalah yaitu, apa macam-macam dan tujuan tasybih dalam novel sayap-sayap patah karya Gibran Khalil Gibran. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, peneliti menemukan tiga macam tasybih yaitu, 1) adathtasybih, 2) wajh as-syibh dan 3) tasybih berdasarkan maksud dan tujuannya. Tasybih berdasarkan adath tasybih terbagi dua macam yaitu, tasybih mursal yang terdiri dari 29 tasybih dan Tasybih berdasarkan maksud dan tujuannya yaitu tasybih maqbul terdiri dari 1 tasybih. Tasybih berdasarkan wajh as-syibh terdapat empat macam yaitu tasybih mujmal terdiri dari 29 tasybih, tasybih mufasal terdiri dari 6 tasybih, tasybih tamtsil terdiri dari 2 tasybih, dan tasybih gairutamstil terdiri dari 3 tasybih. Sedangkan tujuan tasybih terbagi atas 4 tujuan yaitu, kasyaf hal al-mustabbahterdapat 1,bayan miqdar hal al-musyabbah terdapat 18,tazyin al-musyabbah terdapat 7 dan taswih al-musyabbah terdapat 6.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aviana, LiaLiaaviaa@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Adab
Bahasa Arab
Sastra
Uncontrolled Keywords: Tasybih, Tujuan, Sayap-Sayap Patah.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Aviana Lia
Date Deposited: 11 Feb 2019 03:22
Last Modified: 11 Feb 2019 03:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29497

Actions (login required)

View Item View Item