Pengaruh media Big Book terhadap perkembangan kemampuan membaca awal pada anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak (TK) Namira School Kraksaan Probolinggo

Rahmawati, Ika (2019) Pengaruh media Big Book terhadap perkembangan kemampuan membaca awal pada anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak (TK) Namira School Kraksaan Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ika Rahmawati_D98214052.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media big book terhadap perkembangan kemampuan membaca awal pada anak kelompok B TK Namira School Kraksaan Probolinggo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen tepatnya nonequivalent control group design dengan tahapan berupa pre test, treatment, dan post test, yang dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek penelitian ini adalah kelompok B TK Namira School Kraksaan Probolinggo yang berjumlah 16 anak yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan membaca awal, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni analisis data kuantitatif berupa Uji Mann Whitney U Test. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan tabel penolong Uji Mann Whitney U Test tepatnya setelah subjek dilakukan post test. Perkembangan kemampuan membaca awal pada anak kelompok B di Tk Namira School masih tergolong rendah, hal itu terbukti dari 16 anak 9 anak masih belum mampu membaca kata sederhana dan membaca kalimat serta mengerti isi bacaan. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran membaca awal hanya dilakukan secara konvensional yaitu dengan membaca bersama di papan tulis dan membaca bacaan di lembar kerja. Penggunaan media yang menarik juga jarang ditemukan untuk melaksanakan pembelajaran membaca awal seperti big book sehingga anak kurang antusias untuk membaca dan cepat merasa bosan ketika belajar membaca awal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Uhitung < Utabel, yakni Uhitung = 0 dan Utabel = 13. Dimana syarat perbandingannya jika Uhitung < Utabel maka tolak Ho. Secara otomatis jika Ho ditolak maka Ha diterima yang artinya terdapat Pengaruh Media Big Book Terhadap Perkembangan Kemampuan Membaca Awal Pada Anak Kelompok B TK Namira School Kraksaan Probolinggo. Media big book merupakan salah satu alternatif yang bisa digunakan oleh guru untuk mengajarkan anak membaca awal karena, big book memiliki ukuran buku yang besar dan didalamnya disertai gambar penunjang di setiap halaman cerita. Cerita yang ada dalam buku big book merupakan cerita yang sangat dekat dengan kehidupan anak sehingga anak akan sangat mudah memahami isi cerira. Maka dari itu anak akan sangat antusias untuk belajar membaca, dapat menemukan hal menarik, dan tidak membuat anak bosan selagi membaca.

Email: ikarahmawati2405@gmail.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mas'ud, Sulthon
Uncontrolled Keywords: Media big book; Kemampuan membaca awal
Subjects: Buku > Buku dan Baca
Pendidikan > Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Rahmawati Ika
Date Deposited: 13 Feb 2019 02:06
Last Modified: 13 Feb 2019 02:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29494

Actions (login required)

View Item View Item