المحسنات اللفظية في شعر "بانت سعاد" لكعب بن زهير بن أبي سلمى: دراسة بلاغية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yaqin, Moh. Ainul (2019) المحسنات اللفظية في شعر "بانت سعاد" لكعب بن زهير بن أبي سلمى: دراسة بلاغية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Ainul Yaqin_A91215115.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mempelajari ilmu badi’ sangatlah penting di kalangan mahasiswa sastra karena ilmu ini ditujukan untuk menguasai seluk beluk sastra sehingga memudahkan seorang dalam meletakkan kata-kata sesuai maknanya, sehingga kata-kata tersebut menjadi indah, enak didengar dan mudah diucapkan. Pada penelitian ini, penulis menggunakan salah satu objek kajian ilmu badi’ yaitu tata cara memperindah kalimat dari segi lafaz, sebagai pendekatan dalam membahas “keindahan lafaz dalam puisi Banat Suad karya Kaab bin Zuhair bin Abi Sulma”. Kaab bin Zuhair adalah penyair Mukhdaramun yang menyampaikan puisi pujian di hadapan Nabi saw. Qasidah “Banat Suad” terkenal sebagai puisi madah kepada Nabi saw. yang diucapkannya di depan Nabi. Qasidah itu disampaikan Kaab di kala ia bertaubat dan masuk islam, setelah ia mencela Nabi dan para sahabat beliau. Setelah membaca puisinya Kaab dihadiahi Nabi dengan burdahnya, inilah yang menarik dan mestinya qasidah itu mengandung pesan-pesan yang disampaikan oleh Kaab bin Zuhair dengan qasidahnya tersebut. Adapun rumusan masalah yang melatar belakangi penelitian ini yaitu: 1. Bagaiman bentuk keindahan lafaz dalam puisi “Banat Suad” karya Kaab bin Zuhair bin Abi Sulma? 2. Apa saja jenis keindahan lafaz dalam puisi “Banat Suad” karya Kaab bin Zuhair bin Abi Sulma? Adapun penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yakni prosedur pemecahan masalah yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data dan menganalisisnya. Sumber penelitian ini dari bait puisi “Banat Suad” yang terdiri dari 59 bait, dan datanya yakni bentuk kalimat yang mengandung keindahan lafaz yang terdapat dalam puisi “Banat Suad”. Adapun tahap penelitiannya adalah membaca dan memahami konsep-konsep yang berkaitan dengan keindahan lafaz, mengumpulkan data berdasarkan referensi yang berhubungan dengan bahasa peneliti menyusun hasil penelitian secara sistematis yang akan disajikan dalam bentuk skripsi. Setelah melakukan pengkajian dalam puisi “Banat Suad” peneliti menemukan 33 data dari keindahan lafaz yaitu 17 dari jinas, dan 16 dari saja’.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yaqin, Moh. Ainulmochammadyaqin@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Sastra
Uncontrolled Keywords: Syi’ir Banat Suad; Kaab bin Zuhair; al Muhassinat an Lafziyah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Yaqin Moh. Ainul
Date Deposited: 13 Feb 2019 06:30
Last Modified: 13 Feb 2019 06:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29480

Actions (login required)

View Item View Item