Simbol pesan hidup sehat iklan Tropicana Slim dalam web series Sore (analisis semiotika model Roland Barthes)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dzikro, Hanifah Nabila (2019) Simbol pesan hidup sehat iklan Tropicana Slim dalam web series Sore (analisis semiotika model Roland Barthes). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hanifah Nabila D_B06215017.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena penyampaian pesan melalui simbol tentang hidup sehat yang sangat implisit dan dibungkus dengan begitu menarik, sehingga iklan tidak hanya bersifat persuasif namun juga memiliki alur cerita yang unik, menghibur, dan mengandung banyak pesan di dalamnya. Fokus penelitian ini adalah bagaimana simbol dan makna simbol pesan hidup sehat yang ada dalam iklan Tropicana Slim melalui Web Series Sore. Tujuan penelitian ini adalah memahami dan mendeskripsikan simbol dan makna simbol pesan hidup sehat yang ada dalam iklan Tropicana Slim melalui web series Sore. Penelitian ini menggunakan pendekatan kritis dengan model semiotika Roland Barthes yang mengkaji tentang makna penanda dan petanda. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa simbol-simbol mengenai pesan hidup sehat berupa rutin berolahraga, mengatur pola tidur, menjaga pola makan, dan menghindari hal-hal yang memiliki dampak buruk bagi tubuh. Adapun kaitannya dengan makna dari simbol pesan hidup sehat yang ada di dalamnya yaitu pelajaran tentang pentingnya menjaga kesehatan tubuh bagi diri sendiri dan orang tersayang, dengan cara mengubah pola dan gaya hidup menjadi lebih sehat. Rekomendasi dalam laporan penelitian ini supaya kedepannya dapat mengembangkan fokus tentang kajian yang belum dilakukan di penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dzikro, Hanifah Nabilahanifahnd671@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Komunikasi
Promosi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Dzikro Hanifah Nabila
Date Deposited: 12 Feb 2019 06:50
Last Modified: 12 Feb 2019 06:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29466

Actions (login required)

View Item View Item