Fanatisme beragama dalam alquran: studi tematik surah al-an'am: 159 menurut para mufassir

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayatullah, Muchammad Syarif (2019) Fanatisme beragama dalam alquran: studi tematik surah al-an'am: 159 menurut para mufassir. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muchammad Syarif Hidayatullah_E93215146.pdf

Download (4MB)

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah, fenomena mengenai fanatisme beragama pada zaman modern ini yang memakan banyak korban dan kekerasan fisik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyajikan ayat-ayat Alquran yang membahas tentang fanatisme beragama dan cara mengatasi dalam Alquran dan relevansinya. fanatik dapat diartikan sebagai sikap seseorang yang melakukan atau mencintai sesuatu secara serius dan sungguh-sungguh. Sedangkan “isme” dapat diartikan sebagai suatu bentuk keyakinan atau kepercayaan.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitattif, jenis penelitian ini adalah library reseach (penelitian kepustakaan). Penyajian tafsirnya dengan pendekatan tematik-ayat. Pendekatan ini dilakukan untuk menjelaskan kandungan surah al-an’am ayat 159 secara detail, menghimpun ayat-ayat lain yang berkaitan dengannya dan yang mempunyai pengertian sama.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa fanatisme beragama merupakan perilaku yang disebabkan karena kurangnya ilmu agama dan rasa teloransi setiap individu. Perilaku ini akan berkelanjutan apabila tidak di tanganinya dengan serius .Dan Diberikan pendekatan yang baik, cara lain untuk mengatasiya yakni dengan memberikan pendekatan yang kompleks seperti pendekatan pengatahuan, pendengan spiritual, pendekatan psikolgi, karna pemkiran sudah terlalu mengakar jadi sulit untuk meluruskannya, kecuali dengan contoh sebelumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayatullah, Muchammad SyarifMsyariff7@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Uncontrolled Keywords: Fanatisme beragama; Alquran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Hidayatullah M. Syarif
Date Deposited: 13 Feb 2019 06:16
Last Modified: 14 Feb 2019 01:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29450

Actions (login required)

View Item View Item