Implikasi Westernisasi Terhadap Desakralitas dan Dekonstruksitas Alquran Dalam Wacana Pemikiran Mohammed Arkoun

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmatih, Kiflen Mir (2019) Implikasi Westernisasi Terhadap Desakralitas dan Dekonstruksitas Alquran Dalam Wacana Pemikiran Mohammed Arkoun. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kiflen Mir Rahmatih_E93215113.pdf

Download (3MB)

Abstract

Keniscayaan arus westernisasi tidak terelakkan memberikan pengaruh terhadap pemikiran Islam. Lantaran anggapan Barat sebagai superior dan Timur sebagai inferior, sehingga tidak heran apabila Barat mendapatkan hak penuh dalam hegemoni berbagai elemen lapisan masyarakat di berbagai peradaban dunia. Bermula dari persoalan inilah penelitian dibuat dengan tujuan untuk memupuk sikap kritis terhadap hal-hal baru yang coba ditawarkan oleh para pakar keilmuan lintas agama dan peradaban dengan penuh kesadaran serta kewaspadaan. Karena melalui berbagai perbedaan prinsipil inilah, tidak selamanya segala yang ditawarkan oleh mereka dengan mudah diterima secara membabi buta dan tidak pula ditolak secara mentah-mentah. Teori analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data-data yang diperlukan bersumber dari library research, yakni mengumpulkan berbagai sumber refrensi atau rujukan melalui kajian kepustakaan, baik berupa buku, jurnal, artikel dan karya ilmiah lain. Hasil penelitian ini adalah adanya invasi westernisasi terhadap pemikiran para cendekiawan Muslim. Khususnya, Mohammed Arkoun dalam wacana pemikiran desakralitas dan dekonstruksitas terhadap Alquran. Sehingga didapati beberapa pemikiran yang menggugat asas-asas pondasi dan menjauhkan dari nilai-nilai keislaman yang digantikan dengan berbagai pendekatan dari Barat. Pemikirannya adalah anggapan bahwa Alquran yang saat ini dibaca bukanlah Firman Allah, melainkan telah melalui revisi. Adapun wahyu yang sebenarnya hanya berada bersama Tuhan di Law al-Mah}fu>z} dan pemikiran terkait upaya pembebasan dari ajaran para ortodoks Muslim serta berbagai dogmatik keagamaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmatih, Kiflen Miraconapen.co.id@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Budaya Islam
Budaya - Agama
Sejarah > Sejarah Dunia
Filsafat > Filsafat Islam
Islam > Islam, Pembaharuan
Kebudayaan
Kerukunan Beragama
Penyiaran Islam
Pembaruan > Pembaruan Gerakan
Pemikiran
Sejarah Peradaban Islam
Sejarah
Teologi
Tafsir
Tuhan
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Kebudayaan > Kebudayaan Islam
Linguistik
Sejarah > Sejarah Islam
Tradisi Islam
Uncontrolled Keywords: Westernisasi; Desakralitas; Dekonstruksitas; Mohammed Arkoun
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Rahmatih Kiflen Mir
Date Deposited: 11 Feb 2019 07:25
Last Modified: 11 Feb 2019 07:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29441

Actions (login required)

View Item View Item