Bimbingan dan Konseling Islam dengan Terapi Dzikir dalam meningkatkan disiplin Shalat Berjamaah seorang santri di Pondok Pesantren Putri An Nuriyah Wonocolo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masruroh, Yeni Syamsiyatin (2019) Bimbingan dan Konseling Islam dengan Terapi Dzikir dalam meningkatkan disiplin Shalat Berjamaah seorang santri di Pondok Pesantren Putri An Nuriyah Wonocolo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yeni Syamsiyatin Masruroh_B03215040.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah tentang (1) bagaimana proses Bimbingan dan Konseling Islam Dengan Terapi Dzikir Dalam Meningkatkan Disiplin Shalat Berjamaah Seorang Santri di Pondok Pesantren Putri An-Nuriyah Wonocolo Surabaya? (2) bagaimana hasil proses Bimbingan dan Konseling Islam Dengan Terapi Dzikir Dalam Meningkatkan Disiplin Shalat Berjamaah Seorang Santri di Pondok Pesantren Putri An-Nuriyah Wonocolo Surabaya. Dalam menjawab permasalahan tersebut, metode yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian studi kasus yang di analisa menggunakan analisa deskriptif komperatif. Peneliti mencari data dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian analisis dilakukan untuk mengetahui proses Bimbingan dan Konseling Islam Dengan Terapi Dzikir Dalam Meningkatkan Disiplin Shalat Berjamaah Seorang Santri di Pondok Pesantren Putri An-Nuriyah Wonocolo Surabaya, yaitu dengan membandingkan antara teori dan praktek di lapangan. Sedangkan untuk mengetahui hasilnya yakni dengan membandingkan kondisi sebelum dan sesudahnya dilakukan proses konseling. Penelitian ini menghasilkan data bahwa proses Bimbingan dan Konseling Islam Dengan Terapi Dzikir Dalam Meningkatkan Disiplin Shalat Berjamaah Seorang Santri di Pondok Pesantren Putri An-Nuriyah Wonocolo Surabaya dengan cara menggunakan langkah-langkah yang ada dalam Bimbingan Konseling Islam yakni identifikasi masalah, diagnosis, prognosa, treatment, evaluasi dan follow up. Terapi dzikir yang digunakan adalah dzikir yang disusun oleh pengasuh Pondok Pesantren Ibu Hj Ainur Rohmah, yang dibaca setiap hari selesai melaksanakan shalat berjamaah lima waktu dengan tujuan dapat dijadikan sebagai obat hati pada diri seorang santri yang mempunyai fikiran negatif serta sikap malas dalam diri santri, sehingga pemikiran negatif yang menempel pada diri santri menjadi luntur dengan senantiasa santri selalu mengingat Allah SWT dengan istiqomah, khusyu’ dan penuh ketenangan. Hasil akhir dari proses konseling ini adalah berhasil dengan prosentase 83%, dilihat dari adanya perubahan pada sikap kemalasan klien yang mampu mengubah kebiasaan buruk klien, menjadi kebiasaan yang lebih baik dan positif pada diri klien, serta membiasakan diri klien untuk selalu mengambil hal yang utama khususnya dalam melaksanakan shalat berjama’ah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masruroh, Yeni Syamsiyatinyenisyamsiyatin@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Doa dan Zikir
Ibadah
Uncontrolled Keywords: Bimbingan konseling Islam; disiplin santri; dzikir
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Masruroh Yeni Syamsiyatin
Date Deposited: 11 Feb 2019 06:25
Last Modified: 11 Feb 2019 06:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29433

Actions (login required)

View Item View Item