Terapi Behavior dengan Teknik Modifikasi perilaku dalam menangani seorang siswa yang suka minum-minuman keras di Madrasah Aliyah Bilingual Junwangi Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safirda, Umi (2019) Terapi Behavior dengan Teknik Modifikasi perilaku dalam menangani seorang siswa yang suka minum-minuman keras di Madrasah Aliyah Bilingual Junwangi Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umi Safirda_B03215037.pdf

Download (16MB)

Abstract

Focus penelitian adalah (1) bagaimana proses pelaksanaan terapi behavior dengan teknik modifikasi perilaku pada siswa yang suka minum minuman keras di madrasah aliyah bilingual junwangi krian sidoarjo? (2) bagaimana hasil akhir pelaksanaan terapi behavior dengan teknik modifikasi perilaku pada siswa yang suka minum minuman keras di madrasah aliyah bilingual junwangi krian sidoarjo? Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang kemudian dianalisa menggunakan deskriptif komparatif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisa proses teknik modifikasi perilaku pada siswa yang suka minum-minuman keras yang digunakan adalah berupa hasil observasi dan wawancara yang disajikan dalam bab penyajian data dan analisis data. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa proses teknik modifikasi perilaku pada siswa yang suka minum-minuman keras melalui beberapa tahapan, yakni; 1. Membuat persetujuan antara konselor dan konseli bahwa akan dijalankan proses konseling dengan teknik modifikasi perilaku. 2. Menentukan perilaku menyimpang yang sering terjadi pada konseli. 3. Membuat kesepakatan bersama antara konselor dan konseli terhadap aturan-aturan terkait modifikasi perilaku. 4. Memilih tingkah laku yang diubah dengan menggunakan analisis ABC. 5. Menentukan data awal ( baseline data ) dan kriteria tingkah laku yang akan diubah dan dicapai dalam modifikasi perilaku. 6. Menentukan jenis penguatan yang akan diterapkan beserta jadwal pemberian penguatannya. 7. Memberikan reinforcment setiap kali tingkah laku yang diinginkan ditampilkan sesuai modifikasi perilaku. 8. Memberikan penguatan pada setiap saat tingkah laku yang diinginkan menetap. Dalam penelitian ini, proses terapi dilakukan dengan menggunakan modifikasi perilaku pada siswa yang suka minum-minuman keras. Dan hasil akhir dari proses konseling ini tergolong berhasil dengan presentase 75% karena dapat memenuhi tiga dari empat indikator keberhasilan. Hasil ini dapat dilihat melalui perubahan pada diri konseli kearah yang lebih baik serta mampu menghilangkan kebiasaannya yang suka minum-minuman keras dan aktif dalam kegiatan sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safirda, Umisafirda.umi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Bimbingan Penyuluhan
Bimbingan Konseling
Uncontrolled Keywords: Terapi Behavior; Teknik Modifikasi Perilaku; Minum Minuman Keras
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Safirda Umi
Date Deposited: 08 Feb 2019 09:22
Last Modified: 08 Feb 2019 09:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29431

Actions (login required)

View Item View Item