Taman kota dan Perubahan Sosial (Studi Rostow dan Parson dalam Perkembangan Masyarakat di Taman Bungkul Surabaya)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyidah, Adinda Putri (2019) Taman kota dan Perubahan Sosial (Studi Rostow dan Parson dalam Perkembangan Masyarakat di Taman Bungkul Surabaya). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adinda Putri Rosyidah_I03215001.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ada dua persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu : (1) Bagaimana bentuk perubahan sosial yang terjadi di Taman Bungkul kota Surabaya? (2) Apa perkembangan masyarakat yang terjadi dalam perubahan sosial di Taman Bungkul kota Surabaya? Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Bagaimana bentuk perubahan sosial yang terjadi pasca wisata religi menjadi wisata rekreasi di Taman Bungkul kota Surabaya. Untuk mengetahui Apa yang dilakukan masyarakat dalam melakukan perubahan sosial di Taman Bungkul kota Surabaya. Untuk menjawab dua persoalan diatas, maka peneliti menggunakan metedologi penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dan observasi, wawancara, dokumentai dan ditunjang dengan berbagai referensi kepustakaan yang membahas informasi yang berkaitan. Metode ini dipilih agar diperoleh data penelitian yang bersifat mendalam dan menyeluruh mengenai Taman Kota dan Perubahan Sosial (Studi Rostow dan Parson dalam Perkembangan pada Masyarakat di Taman Bungkul Surabaya). Data yang diperoleh kemudian disajikan dan di analisis dengan menggunakan Teori Rostow dan Talcott Parson Fungsional Struktural yang dianggap relavan dalam mengkaji Taman Kota dan Perubahan Sosial dalam mayarakat. Hasil temuan dari peneliti ini bahwa (1) bentuk perubahan sosial di Taman Bungkul pasca wisata religi menjadi wisata rekreasi adalah perubahan ekonomi seperti para PKL dapat mempunyai stan penjualan menjadi foodcourt yang tertata rapi di Taman Bungkul, selain itu perubahan budaya dimana komunitas Mar’s Indonesia menyalurkan aspirasinya di Taman Bungkul sehingga masyarakat pengunjung tidak hanya menjadi penikmat melainkan ikut gabung dalam menyalurkan apirasi musik dan perubahan ekologi seperti penanaman bibit yang dilakukan oleh pengelola Taman Bungkul Surabaya dalam memperbaiki taman seiring berkmbangnya zaman. (2) perkembangan masyarakat yang terjadi dalam perubahan sosial di Taman Bungkul adalah masyarakat melakukan sosialisasi perilaku positif, komunitas IWJ mengajak masyarakat mencintai lingkungan dan sekelompok mahasiswa bersosialisasi menjaga perdamaian. Masyarakat tidak hanya menjadi penikmat melainkan peran dalam perkembangan masyarakat di Taman Bungkul Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyidah, Adinda Putriadindaputrirosyi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sosiologi
Uncontrolled Keywords: Taman Kota, Perubahan Sosial, Perkembangan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Rosyidah Adinda Putri
Date Deposited: 08 Feb 2019 08:19
Last Modified: 08 Feb 2019 08:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29385

Actions (login required)

View Item View Item