العناصر الداخلية في مسرحية "عودة الفردوس" لعلي أحمد باكثير

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cindyrela, Yusticia Lenteraning (2019) العناصر الداخلية في مسرحية "عودة الفردوس" لعلي أحمد باكثير. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yusticia Lenteraning Cindyrela_A91215143.pdf

Download (3MB)

Abstract

Unsur-unsur intrinsik dalam drama “Audah al-Firdaus” karya Ali Ahmad Bakatsir menarik untuk dilakukan penelitian karena unsur intrinsik tersebut dibangun dari drama empat babak yang menceritkan bagaimana susahnya bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaannya. Meskipun demikian sama halnya dengan novel, unsur-unsur intrinsik dalam drama ini terdiri dari tema, tokoh dan penokohan, pembabakan, setting dan gaya bahasa. Di samping itu, teks drama ‘Awdah al-Firdaws menceritakan tentang perjuangan bangsa indonesia dalam mendapatkan kemerdekaannya. Masalahnya adalah Bagaimana unsur-unsur intrinsik yang terkandumg dalam drama “ Audah al-Firdaus” karya Ali Ahmad Bagatsir?Untuk menjawab permasalahan di atas, peneliti menggunakan teori unsur intrinsik menurut Burhan Nurgiyantoro. Unsur intrinsik merupakan unsur yang membangun karya sastra dari dalam karya sastra itu sendiri. Unsur-unsur tersebut meliputi tema, tokoh dan penokohan, alur/plot, setting dan gaya bahasa.Metode yang dilakukan peneliti adalah metode deskriptif kualitatif. Deskriptif artinya memaparkan atau mendeskripsikan data-data yang dihasilkan seacara cermat. Kualitatif artinya metode ini dalam angka-angka dan tidak meremehkan sesuai data yang ditentukan yang kemudian data tersebut diklasifikasikan sesuai permasalahan dalam penelitian ini. Data dalam penelitian ini terdapat 25 data yang terdiri dari 1 tema; 14 tokoh; 1 alur; 2 tempat dan 5 waktu; serta 2 gaya bahasa.Hasilnya adalah hasil analisis terhadap unsur-unsur intrinsik dalam drama “Audah al-Firdaus” yaitu: 1) tema: semangat nasionalisme; 2) tokoh dan penokohan: Sulaiman, Majid, Zinah, Aisyah, Hamidah, Haji Abdul Karim, Utih, Izzudin, Sutan Syahrir, Ir. Soekarno, Van Dick, Van Martin, Kitajo dan Sayuti; 3) setting: rumah Haji Abdul Karim dan Markas Gerakan Bawah Tanah; 4) pembabakan: empat babak; 5) gaya bahasa: kalam insya’I thalabi dan kalam khabari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cindyrela, Yusticia Lenteraningyusticiacindyrela07@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Kesusastraan
Keywords: Unsur-unsur intrinsik, teks drama ‘Awdah al-Firdaus dan Ali Ahmad Bakatsir.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Cindyrela Yusticia Lenteraning
Date Deposited: 12 Feb 2019 04:31
Last Modified: 12 Feb 2019 04:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29375

Actions (login required)

View Item View Item