Sewa aset berbasis web dalam sistem informasi manajemen; studi kasus di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nufitasari, Rusani (2019) Sewa aset berbasis web dalam sistem informasi manajemen; studi kasus di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rusani Nufitasari_D73213066.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan manajemen dan implementasi sistem informasi manajemen sewa aset berbasis web beserta dengan faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriftif. Dalam proses pencarian datanya, peneliti menggunakan metode observasi, wanwancara mendalam terhadap subyek penelitian, dan dokumentasi. Dalam analisis dan intepretasi data, peneliti menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Sedangkan dalam uji keabasahan data peneliti menggunakan triangulasi berupa triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian yang diperoleh dari lapangan menyatakan bahwa manajemen layanan sewa aset di Pusat Pengembangan Bisnis UINSA Surabaya sudah tertata. Pada tahap perencanaan, tersedia tarif layanan. Yang akan dijadikan acuan dalam tahap pelaksanaan. Pada tahap pelaksanaan, seluruh staff dan instruktur melakukan tuganya dengan baik, serta pembagian tugas pelayanan sesuai dengan tugas pokok dan tanggung jawabnya masing-masing. Yang dimaksud dengan tugas pokok dan tanggung jawabnya masing-masing yaitu Pusat Pengembangan Bisnis melayani kegiatan sewa menyewa untuk umum yang ada unsur pemasukan dananya, sedangkan pemesanan sewa aset untuk kegiatan mahasiswa dan dosen yang tidak ada unsur pemasukan dana ditangani Badan Layanan Umum Kampus UINSA.sedangkan untuk tahap evalusai dilakukan oleh Badan Layanan Umum(BLU) UINSA Surabaya.Adapaun hasil penelitian dari implementasi sewa aset berbasis web dalam pelaksanaanya Sifasum tidak bisa digunakan untuk transaksi sewa menyewa, melainkan hanya sebagai media untuk mencari informasi terkait sewa menyewa yang ada di UINSA, adapun data yang dapat di akses masyarakat melalui Sifasum ialah persyaratan sewa, fasilitas umum, kapasitas, dan detail jadwal kegiatan, baik yang berbayar maupun yang tidak berbayar yang dipesan melalui Badan Layanan Umum. Dalam pelaksanaanya tentu terdapat faktor pendukung dan penghambat yang memicu secara garis besar faktor yang menjadi pendukung antara lain memudahkan pengelolaan memperbarui isi database lembaga, terutama data Property yang sudah dibooking dan yang tengah digunakan. sehingga mampu menghindari terjadinya kres jadwal. Sedangkan yang penghambat dalam pelaksanaanya masih belum sempurnanya kinerja sifasum sehingga tidak bisa menampilkan jam pelaksanaan dalam detail jadwal pelaksanaan yang berbentuk print-out yang diberikan kepada pihak penyewa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nufitasari, RusaniRusaninufitasari05@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Sewa Aset berbasis web; Sistem Informasi Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nufitasari Rusani
Date Deposited: 08 Feb 2019 06:43
Last Modified: 08 Feb 2019 06:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29374

Actions (login required)

View Item View Item