معاني كلمة "دعا" ومشتقاتها في القرآن الكريم: دراسة دلالية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fachruddin, Nuris (2019) معاني كلمة "دعا" ومشتقاتها في القرآن الكريم: دراسة دلالية. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nuris Fachruddin_A01215035.pdf

Download (6MB)

Abstract

Al-Qur’an adalah kalam Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dengan perantara Malaikat Jibril sebagai petunjuk bagi umat manusia. Untuk itu, memahami makna teks dalam Al-Qur’an adalah anjuran atau bisa jadi kewajiban bagi umat Muslim di Dunia ini untuk mempelajarinya dan bernilai ibadah untuknya. Penelitian ini yang berjudul “Makna Kata Da’a dan Perpecahannya Dalam Al-qur’an” dengan menggunakan teori Ilmu Dilalah khususnya membahas tentang makna (Ilmu Makna). Peneliti menggunakan objek Al-Qur’an karena ingin menggali lebih dalam tentang makna-makna yang ada di dalamnya, khususnya tentang kata Da’a.Sebagian orang belum mengetahui tentang maksud arti kata Da’a dalam Al-Qur’an. Dalam penelitian ini, penulis mencoba menganalisa macam-macam makna kata Da’a di Dalam Al-Qur’an. Dengan tujuan untuk mengetahui maksud makna kata Da’a yang sebenarnya dengan menggunakan teori Ilmu Dilalah yang berupa Makna wadzifi yaitu Makna yang bedasarkan konteks atau kondisi tertentu. Di penelitian ini, Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu metode yang menghasilkan data deskriptif berupa kata Da’a dan perpecahannya yang ada di dalam Al-Qur’an. Sebagaimana data tersebut di dapatkan dan diklasifikasi makna sesuai konteks dalam kalimat tersebut. Dalam penelitian ini peneliti mempunyai rumusan masalah yaitu : 1) Ayat apa saja yang terdapat kata Da’a dan perpecahannya beserta shigohnya dalam Al-qur’an?. 2) Apa saja makna kata Da’a dan perpecahannya dalam Al-qur’an?. Berdasarkan analisis di atas, hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan, bahwa kata Da’a di dalam Al-qur’an ada 71 ayat. Dan mempunyai banyak variasi dan makna dalam Al-Qur’an sesuai dengan konteks kalimat yang ada. Peneliti menemukan 10 macam makna dari kata Da’a, yaitu Ibadah, Ajakan, Penamaan, Panggilan, Mengabari, Permintaan, Pertolongan, Pertanyaan, Perkataan dan Adzab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fachruddin, NurisNurisfachruddin9@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Doa dan Zikir
Uncontrolled Keywords: Makna Kata Da’a; siqoh dalam Al Qur’an
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Fachruddin Nuris
Date Deposited: 12 Feb 2019 02:15
Last Modified: 12 Feb 2019 02:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29372

Actions (login required)

View Item View Item