Bimbingan Konseling Islam dengan Teknik Assertive Training untuk menangani seorang siswa kurang Percaya Diri di MA Bilingual Junwangi Krian Sidoarjo

Iqbaluddin, Hilal (2019) Bimbingan Konseling Islam dengan Teknik Assertive Training untuk menangani seorang siswa kurang Percaya Diri di MA Bilingual Junwangi Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hilal Iqbaluddin_B93215103.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian adalah 1) Bagaimana Bimbingan Konseling Islam dengan Teknik Assertive Training Untuk Menangani Seorang Siswa Kurang Percaya Diri Di MA Bilingual Junwangi Krian Sidoarjo 2) Bagaimana hasil proses Bimbingan Konseling Islam dengan Teknik Assertive Training Untuk Menangani Seorang Siswa Kurang Percaya Diri di MA Bilingual Junwangi Krian Sidoarjo. Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yang dilakukan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian secara holistic dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa. Pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah dalam menganalisa hasil akhir dari pelaksanaan terapi/teknik Assertive Training untuk menangani seorang siswa kurang percaya diri di MA Bilingual Junwangi Krian Sidoarjo. Proses yang dilakukan konselor yang pertama adalah identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, selanjutnya treatment dengan langkah yang pertama adalah Dalam proses konseling yang dilakukan, konselor mengajak konseli untuk berusaha meningkatkan rasa percaya diri menjadi lebih baik dan tegas. Serta konselor juga akan memberikan latihan (role playing) bermain peran kepada konseli supaya nantinya konseli bisa mengekspresikan dan mengkomunikasikan apa yang dipendam selama ini. Konselor juga mengarahkan konseli untuk terus belajar dan latihan bermain peran di rumah kapan pun dan dimanapun. Setelah konselor memberikan teknik/terapi kepada konseli, ada beberapa perubahan yang dialami oleh konseli, sebelum mendapatkan Teknik Assertive Training konseli sering merasa tidak percaya diri sehingga berdampak pada tingkah laku konseli, setelah mendapatkan Teknik Assertive Training kini konseli lebih percaya diri ketika melakukan suatu tindakan seperti: berfikir positif, berani berbicara didepan umum, berani menerima dan menghadapi penolakan dari orang lain tetap kuat menjadi diri sendiri dsb.

Email: hilaliqbal22@gmail.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Ningsih, Yusria
Uncontrolled Keywords: Kurang Percaya diri; Teknik Assertive Training; Bimbingan dan Konseling Islam
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Iqbaluddin Hilal
Date Deposited: 11 Feb 2019 02:48
Last Modified: 11 Feb 2019 02:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29359

Actions (login required)

View Item View Item