Perilaku masyarakat dalam mengelola sampah rumah tangga di Desa Kemlagi Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Rizqi, Sri Devi (2019) Perilaku masyarakat dalam mengelola sampah rumah tangga di Desa Kemlagi Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sri Devi Al Rizqi_I73215072.pdf

Download (1MB)

Abstract

Terdapat dua fokus permasalahan dalam skripsi ini, yaitu (1) Bagaimana perilaku masyarakat di Desa Kemlagi dalam mengelola sampah rumah tangga? Dan (2) Apa yang melatarbelakangi perilaku masyarakat di Desa Kemlagi dalam mengelola sampah rumah tangga?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perilaku masyarakat di Desa Kemlagi dalam mengelola sampah rumah tangga dan untuk mengetahui latar belakang masyarakat di Desa Kemlagi dalam mengelola sampah rumah tangga mereka. Untuk menjawab permasalahan yang di angkat oleh peneliti tekait perilaku masyarakat dalam mengelola sampah rumah tangga, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis menggunakan teknik pengambilan sampel dengan teknik Simple Random Sampling. Pada penelitian ini, teori yang digunakan untuk menganalisis sesuai dengan judul Perilaku Masyarakat dalam Mengelola Sampah Rumah Tangga yaitu teori Rational Choice Coleman dan paradigma yang peneliti gunakan yaitu paradigma Behaviorism atau perilaku sosial.Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti di lapangan ditemukan bahwa masyarakat di desa Kemlagi dalam mengelola sampah rumah tangga lebih banyak memilih untuk di bakar. Dikarenakan masyarakat Kemlagi memiliki pekarangan rumah yang luas sehingga ada lahan untuk membakar sampahnya. Namun beberapa warga yang tidak memiliki pekarangan ada yang memilih untuk menyuruh orang lain untuk mengambil sampah dan di bakar di tempat lain. Ada yang di buang di kawasan alas Kemlagi. Temuan peneliti selama di lapangan juga ada yang membuangnya juga di andil, yaitu tempat pengairan zaman Belanda yang sudah tidak difungsikan lagi, dan menjadi tempat pembuangan sampah oleh warga sebelum dibakar. Dan yang melatarbelakangi masyarakat melakukan itu karena tidak adanya sarana dan prasarana untuk membuang sampah, maka muncul perilaku-perilaku dalammengelola sampah rumah tangga mereka agar tidak terjadi penumpukan smapah. Kedua yaitu pendidikan, yaitu terkait pengetahuan masyarakat tentang jenis sampah masih dapat dikatakan kurang tahu mengenai memilah sampah berdasarkan jenisnya, kemudian alasan lainnya untuk kesehatan, beberpa masyarakat yang memilih untuk dibakar karena dapat berfungsi sebagai ‘diangan’ dan ‘cutik geni’.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Rizqi, Sri Devidevi.alriz29@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Lingkungan Hidup
Masyarakat
Sosiologi
Uncontrolled Keywords: Perilaku Masyarakat, Mengelola, Sampah Rumah Tangga
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Al Rizqi Sri Devi
Date Deposited: 08 Feb 2019 07:57
Last Modified: 08 Feb 2019 07:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29345

Actions (login required)

View Item View Item