Solidaritas sosial bagi generasi Millenial: studi pada anggota organisasi Ikatan Mahasiswa Gresik UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyah, Wafiatul (2019) Solidaritas sosial bagi generasi Millenial: studi pada anggota organisasi Ikatan Mahasiswa Gresik UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wafiatul Fitriyah_I73215049.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini ada dua: pertama bentuk solidaritas sosial bagi generasi millenial di Organisasi Ikatan Mahasiswa Gresik UIN Sunan Ampel Surabaya, kedua makna solidaritas sosial bagi generasi millenial di Organisasi Ikatan Mahasiswa Gresik UIN Sunan Ampel Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam melihat fenomena yang terjadi pada solidaritas sosial bagi generasi millenial di Anggota Organisasi Ikatan Mahasiswa Gresik UIN Sunan Ampel Surabaya ini adalah teori solidaritas sosial Emile Durkheim. Hasil penelitian ini menunjukan, pertama ada beberapa bentuk solidaritas sosial generasi millenial di Organisasi Ikatan Mahasiswa Gresik UIN Sunan Ampel Surabaya . bentuk itu meliputi melakukan forum kajian mingguan, musyawarah, silaturahim dirumah Anggota Ikatan Mahasiswa Gresik UIN Sunan Ampel Surabaya, pelaksanaan pelatihan anggota bersama, kegiatan keagamaan. Kedua makna solidaritas sosial bagi generasi millenial di Organisasi Ikatan Mahasiswa Gresik UIN Sunan Ampel Surabaya. Kedua ada beberapa makna solidaritas bagi generasi millenial adalah kebersamaan, kerukunan, Guyub (kekompakan), keikhlasan, kebaikan bersama, kerja sama, tidak egois. Solidaritas sosial yang dilakukan Anggota Organisasi Ikatan Mahasiswa Gresik UIN Sunan Ampel Surabaya sangat tinggi dan positif, walaupun generasi millenial sebagai generasi yang sering dikatakan suka bersenang – senang diluar, hal berbeda dengan generasi millenial pada Anggota Organisasi Ikatan Mahasiswa Gresik UIN Sunan Ampel Surabaya berkumpul tidak disadari karena paksaan, akan tetapi karena rasa semangat, kesadaran kolektif dan muncul solidaritas sosial nya membuat tali keakrabannya semakin erat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyah, WafiatulWafiatul6@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Organisasi Mahasiswa
Sosiologi
Keywords: Solidaritas Sosial; Generasi Millenial; Organisasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Fitriyah Wafiatul
Date Deposited: 08 Feb 2019 07:28
Last Modified: 08 Feb 2019 07:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29343

Actions (login required)

View Item View Item