Konstruksi nilai-nilai shodaqoh dalam akun instagram @aldilladharma (Analisis Framing Model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Niamilah, Kholishotun (2019) Konstruksi nilai-nilai shodaqoh dalam akun instagram @aldilladharma (Analisis Framing Model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Klishotun Niamilah_B91215057.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi, khususnya teknologi informasi melalui jaringan internet membawa banyak perubahan. Hal ini menjadi peluang bagi pendakwah untuk menyampaikan ajaran agama Islam. Salah satu media sosial yang digunakan sebagai media dakwah ialah Instagram. Melihat begitu banyak antusiasme dari pengguna instagram, @aldilladharma memanfaatkan fitur instastory ini untuk menyampaikan pesan dakwah tentang shodaqoh melalui teks yang berkesinambungan. Hal inilah yang menjadikan peneliti tertarik untuk mengkaji tentang bagaimana nilai-nilai bershodaqoh dikonstruksi dalam akun instagram @aldilladharma? Penelitian teks media ini dikaji dengan menggunakan analisis framing Zhongdang Pan Dan Gerald M. Kosicki dengan empat strukturnya yaitu sintaksis, skrip, tematik dan retoris. Dalam penelitian ini menghasilkan bahwa nilai-nilai shodaqoh dalam akun instagram @aldilladharma dikonstruksi, mengandung yang pertama nilai pesan dakwah yang ingin disampaikan melalui shodaqoh yang tidak hanya berupa materi saja namun bisa dengan menunjukan kebaikan kepada orang lain, kedua nilai tolong menolong dalam shodaqoh, dengan shodaqoh akan memperkuat hubungan antar manusia, ketiga yaitu adanya rasa ikhlas dalam shodaqoh. Karena keterbatasan penulis hanya fokus terhadap cara mengkonstruksi nilai-nilai shodaqoh, maka penulis merekomendasikan untuk penelitian selanjutnya, agar mampu mengembangkan penelitian ini dari sisi lain dan dengan analisis yang berbeda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Niamilah, Kholishotunmilukniamila@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah
Dakwah > Dakwah - Media
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Shodaqoh; Instagram; Analisis Framing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Niamilah Kholishotun
Date Deposited: 11 Feb 2019 07:17
Last Modified: 11 Feb 2019 07:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29341

Actions (login required)

View Item View Item