Perubahan Perilaku Remaja Pasca Berdirinya Warung Kopi Wifi: studi kasus kecanduan gawai di dusun kanigoro desa keboharan kecamatan krian kabupaten sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umma, Nur Lailatul (2019) Perubahan Perilaku Remaja Pasca Berdirinya Warung Kopi Wifi: studi kasus kecanduan gawai di dusun kanigoro desa keboharan kecamatan krian kabupaten sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Lailatul Umma_I03215014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu agaimana bentuk kecanduan gawai pada remaja di Dusun Kanigoro Desa Keboharan Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo pasca berdirinya warung kopi wifi dan Bagaimana perubahan perilaku remaja di Dusun Kanigoro Desa Keboharan Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo pasca berdirinya warung kopi wifi. Dengan Tujuan untuk Mengetahui perubahan perilaku remaja di Dusun Kanigoro Desa Keboharan Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo pasca berdirinya warung kopi wifi.Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah hiperealitas Jean Baudrillard untuk melihat fenomena yang terjadi pada perubahan perilaku remaja pasca berdirinya warung kopi wifi studi kasus kecanduan gawai di Dusun Kanigoro Desa keboharan Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo.Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa: (1) bentuk dari kecanduan gawai yang dirasakan oleh para remaja di Dusun Kanigoro yaitu mereka tidak bisa lepas dari gawai miliknya dan bahkan mereka merasa gelisa ketika berada jauh dari gawainya, bahkan mereka menghabiskan setengah dari waktu mereka dalam mengakses gawainya dan dengan adanya wifi para remajapun semakin aktif dalam mengakses gawai karena semakin mudanya dalam mengaksesnya. (2) setelah berdirinya warung kopi yang berfasilitas wifi yang pada akhirnya membuat para remaja kecanduan dengan gawai yang kemudian mulai timbul adanya perubahan perilaku remaja yang diakibatkan adanya warung kopi wifi yang awalnya remaja sudah mulai aktif dalam penggunaan gawai menjadi semakin aktif bahkan mulai timbulnya rasa kecanduan dan dari sinilah remaja-remaja mulai berubah yang mana mereka mulai lebih mementingkan gawainya dari pada lebih memilih berinteraksi dengan antar teman ketika di warung kopi kemudian remaja mulai terus menrus mengakses gawainya di warung kopi dan bahkan lupa waktu, mengahabiskan waktunya untuk mengakses gawai dengan wifi dan membuat remaja yang masih sekolah meninggalkan kewajibannya yaitu belajar, dan bahkan ketika orang tua mereka menasehatipun mereka lebih mementingkan mengakses gawainya dan tidak menghiraukan nasehat orang tuanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umma, Nur LailatulNurr.Lailatulumma@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kenakalan Anak dan Remaja
Psikologi Sosial
Sosiologi
Uncontrolled Keywords: Perilaku; Remaja; Kecanduan Gawai.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Umma Nur Lailatul
Date Deposited: 08 Feb 2019 06:59
Last Modified: 14 Feb 2019 02:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29336

Actions (login required)

View Item View Item