Poverty analysis pada masyarakat petani di desa Nglaban Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pranata, Serly Olivia Alvinda (2019) Poverty analysis pada masyarakat petani di desa Nglaban Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Serly Olivia Alvinda Pranata_I73215042.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yakni : Pertama, Faktor penyebab kemiskinan yang terjadi pada Masyarakat Petani. Kedua, Faktor penghambat perkembangan Masyarakat Petani di Pedesaan. Dari dua rumusan masalah tersebut nantinya akan membahas kehidupan Masyarakat Petani, Penghasilan dari hasil pertanian, hingga seberapa luas lahan pertaniaannya.Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam melihat fenomena Poverty Analysis pada Masyarakat Petani adalah Teori Hegemoni Antonio Gramsci. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa : adanya ketergantungan, ketidakberdayaan, keterbatasan masyarakat petani, dan juga ketidakadilan dan kekayaan struktural yang merupakan dampak dari pola-pola kaum Kapitalis yang ada, serta disparitas pembangunan yang ada di sana. Faktor yang mempengaruhi petani sulit untuk berkembang diantaranya terdapat dua faktor yaitu ekstern (di luar diri petani) dan intern (di dalam diri petani). Faktor intern diantaranya adalah sistem pendidikan di desa yang rendah sehingga rendahnya tingkat pengetahuan. Serta kurangnya kreativitas untuk mengembangkan hasil pertaniaannya. Untuk faktor ekstern diantaranya adalah Sarana dan prasarana yang kurang mendukung. Kurangnya peran pemerintah untuk pembangunan pada aspek pertaniannya. pembangunan lebih diutamakan untuk sektor jalan dan kantor desa. Keterbatasan penghasilan para petani dan buruh tani dengan hasil panen yang sangatlah minimum atau rendah. Rendahnya tingkat pengetahuan atau pendidikan, serta kurangnya komunikasi dan informasi membuat masyarakat petani dengan begitu saja menyerahkan hasil pertaniaan kepada mereka yang berkuasa pada lingkup domestic.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pranata, Serly Olivia Alvindaserlyo34@gmail.comI73215042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, AmalUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Kemiskinan
Sosiologi
Keywords: Poverty; Masyarakat; Petani
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Pranata Serly Olivia Alvinda
Date Deposited: 08 Feb 2019 07:08
Last Modified: 23 Jun 2021 15:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29335

Actions (login required)

View Item View Item