Pelestarian batik tulis tenun Gedog di Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban dalam tinjauan teori fungsionalisme struktural Robert K. Merton

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Runika, Siti Fatihatur (2019) Pelestarian batik tulis tenun Gedog di Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban dalam tinjauan teori fungsionalisme struktural Robert K. Merton. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Fatihatur Runika_I73215071.pdf

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini hanya satu yaitu bagaimana proses pelestarian batik tulis tenun gedog di Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban. Namun dari satu rumusan tersebut terdapat beberapa sub pembahasan didalamnya, diantaranya pembahasan mengenai pengenalan secara mendalam batik tulis tenun gedog, mengenai motif-motifnya serta kualitasnya dan upaya pelestarian. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi.Teori yang digunakan dalam melihat fenomena ini adalah teori fungsionalisme struktural Robert K Merten. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa: (1) Tahapan atau proses-proses dalam pembuatan batik tulis tenun gedog sampai saat ini masih menggunakan cara tradisional, mulai dari bahan dasarnya yaitu kapas yang ditanam sendiri oleh masyarakat Kecamatan Kerek, pembuatan benang lawe yang menggunakan alat tradisional sampai proses penenunan, sesudah ditenun kain dibatik oleh para pengrajin hingga proses pewarnaan yang menggunakan cara manual. (2) Terdapat motif-motif peninggalan nenek moyang yang memiliki banyak nilai filosofi mengenai kehidupan, mulai dari lahir sampai meninggal. Setiap coretan corak selalu menyimpan banyak makna, selain coraknya yang beragam warna juga sangat mempengaruhi siklus kegunaan kain batik tulis tenun gedog.(3) Adanya ciri khas yang menjadi pembeda antara batik tulis tenun gedog dengan batik-batik tulis yang lainnya, sehingga membuat batik tulis tenun gedog memiliki daya jual yang tinggi dan banyak dicari oleh para konsumen. (4) Terdapat upaya-upaya yang sangat tinggi yang dilakukan oleh para pengrajin agar tidak terjadi kepunahan dalam batik tulis tenun gedog.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Runika, Siti Fatihaturfatihatur.runika@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesenian
Sosiologi
Budaya
Keywords: Pelestarian; Batik Tulis Tenun Gedog
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Runika Siti Fatihatur
Date Deposited: 08 Feb 2019 07:55
Last Modified: 08 Feb 2019 07:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29334

Actions (login required)

View Item View Item