Kontestasi organisasi kemasyarakatan Nahdlatul Ulama' dan Muhammadiyah di Desa Canga'an Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro: dalam tinjauan teori Dramaturgi Erving Goffman

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syah, M Fakhrul Irfan (2019) Kontestasi organisasi kemasyarakatan Nahdlatul Ulama' dan Muhammadiyah di Desa Canga'an Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro: dalam tinjauan teori Dramaturgi Erving Goffman. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M Fakhrul Irfan Syah_I03215008.pdf

Download (7MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu pola interaksi sosial di desa Canga’an kecamatan Kanor kabupaten Bojonegoro serta hal-hal yang melatar belakangi kontestasi organisasi kemasyarakatan Nahdlatul Ulama’ dan Muhammadiyah di desa Canga’an kecamatan Kanor kabupaten Bojonegoro. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah teori dramaturgi Erving Goffman untuk melihat fenomena yang terjadi pada kontestasi organisasi kemasyarakatan Nahdlatul Ulama’ dan Muhammadiyah di desa Canga’an kecamatan Kanor kabupaten Bojonegoro terkait dengan konsep front stage dan back stage. Dari hasil penelitian ini ada 2 (dua) temuan penelitian: Pertama, interaksi sosial di desa Canga’an kecamatan Kanor kabupaten Bojonegoro baik, indikator yang digunakan peneliti dalam menilai interaksi sosial yakni dinamis atau tidaknya masyarkat, terbukti dengan adanya Nahdlatul Ulama’ dan Muhammadiyah membuat kehidupan sosial lebih dinamis. Kedua, munculnya kontestasi organisasi kemasyarakatan di latar belakangi oleh faktor sejarah selain itu ego sosial yang terorganisir dan juga rasa memiliki terhadap organisasi kemasyarakatan hingga membuat Nahdlatul Ulama’ dan Muhammadiyah menjadi support system bagi organisator organisasi kemasyarakatan Nahdlatul Ulama’ dan Muhammadiyah juga melatar belakangi munculnya kontestasi organisasi kemasyarakatan di desa Canga’an kecamatan Kanor kabupaten Bojonegoro.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syah, M Fakhrul Irfanfahirfansyah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Organisasi Masyarakat
Nahdlatul Ulama
Uncontrolled Keywords: Kontestasi; Organisasi Kemasyarakatan; Nahdlatul Ulama’; Muhammadiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Syah M. Fakhrul Irfan
Date Deposited: 12 Feb 2019 08:35
Last Modified: 12 Feb 2019 08:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29330

Actions (login required)

View Item View Item