Citra perempuan dalam iklan Shinzui dan Lux ; analisis semiotik Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yana, Findi Dwi (2019) Citra perempuan dalam iklan Shinzui dan Lux ; analisis semiotik Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Findi Dwi Yana_B76215042.pdf

Download (5MB)

Abstract

Citra merupakan gambaran tentang realitas dan tidak harus sesuai dengan realitas, citra erat kaitanya dengan media karena dianggap memiliki kemampuan untuk mempengaruhi persepsi audiens tentang barang dan jasa yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui citra perempuan khususnya citra pigura dalam iklan Shinzui dan Lux. Penelitian ini menggunakan paradigma kritis dikarenakan paradigm kritis mampu menjadi salah satu cara pandang terhadap realitas sosial yang senantiasa diliputi rasa kritis terhadap realitas yang terjadi. Fokus masalah yang akan diteliti dalam skripsi ini, adalah bagaimana citra perempuan (cita pigura) dalam iklan Shinzui dan Lux. Untuk mengindentifikasi persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh peneliti menggunakan metode semiotik Roland Barthes sehingga dapat menemukan penanda dan petanda citra perempuan dalam iklan Shinzui dan Lux.Setelah dilakukan proses analisis peneliti menemukan hasil penelitian bahwa citra perempuan didalam iklan Shinzui lebih mengedepankan sisi biologisnya agar konsumen tertarik terhadap iklan yang ditampilkan seperti pemilihan model yang proposional. Sedangkan didalam iklan Lux citra perempuan lebih digambarkan sebagai sosok perempuan yang aktif dan cerdas sehingga akan menjadi daya tarik tersendiri. Bertitik tolak dari penelitian ini beberapa rekomendasi yang dapat dijadikan bahan pertimbangan antara lain ; (1) Bagi masyarakat hendaknya mampu berpikir kritis dan yang tidak mudah terpengaruh dengan iklan yang ditawarkan begitu saja yang kedua masyarakat haruslah bisa mengukur kemampuannya sendiri, (2) Bagi agensi periklanan, supaya dapat membuat karya-karya iklan yang tidak hanya menapilkan wanita sebagai objek pemuas saja, mengapa tidak ditampilkan laki-laki sebagai salah satu bintang iklannya, (3) Bagi akademisi, diharapkan lebih mampu mengeksplor fenomena yang sedang menjadi budaya populer.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yana, Findi DwiFindydhwyanae@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Iklan
Pemberdayaan > Perempuan
Keywords: Citra perempuan; semiotika; iklan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Yana Findi Dwi
Date Deposited: 08 Feb 2019 08:14
Last Modified: 08 Feb 2019 08:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29314

Actions (login required)

View Item View Item