Komunikasi Interpersonal antara Customer Service dengan Jama'ah Haji dan Umroh di PT. Ebad Wisata Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Hikmatul (2019) Komunikasi Interpersonal antara Customer Service dengan Jama'ah Haji dan Umroh di PT. Ebad Wisata Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hikmatul Hasanah_B06215018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana proses komunikasi interpersonal antara customer service dengan jam’ah haji dan umroh dan bagaimana pola komunikasi interpersonal antara customer service dengan jama’ah haji dan umroh di PT. Ebad Wisata Surabaya. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif kualitatif yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai proses komunikasi interpersonal dan pola komunikasi interpersonal dalam proses pelayanan antara customer service dengan jama’ah haji dan umroh di PT. Ebad Wisata Surabaya. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa komunikasi interpersonal antara customer service dengan jama’ah dimulai dari proses greeting dengan menyambut jama’ah sambil mengucapkan salam dengan ramah, kemudian dilanjutkan dengan proses pemberian informasi dengan menawarkan produk paket haji dan umroh hingga pada proses penyelesaian masalah atau problem yang dihadapi oleh jama’ah. Pola komunikasi antara customer service dengan jama’ah haji dan umroh dalam poses pelayanan menggunakan pola komunikasi sirkular. Pola komunikasi sirkular ini bisa dilihat ketika customer service melakukan proses penyambutan kepada jama’ah, lalu jama’ah menceritakan keluhannya kepada customer service, kemudian customer service juga memberikan masukan dan arahan, dan disitulah terjadi pesan timbal balik hingga diperoleh hasil dari interaksi yakni pada tahap penyelesaian masalah. Bertitik tolak dari penelitian ini, beberapa saran yang diperkirakan dapat dijadikan pertimbangan bagi calon peneliti selanjutnya adalah proses komunikasi lebih dijelaskan secara detail dan lebih rinci. Pola komunikasi tidak hanya terbatas pada pola komunikasi dalam pelayanan, namun pola komunikasi juga dapat dilakukan di instansi keagamaan, ataupun dalam elemen masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Hikmatulhikmatulh628@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Layanan
Keywords: Pola Komunikasi; Komunikasi Interpersonal; Customer Service; Jama’ah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Hasanah Hikmatul
Date Deposited: 08 Feb 2019 06:17
Last Modified: 08 Feb 2019 06:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29301

Actions (login required)

View Item View Item