Pesan dakwah dalam novel "Tuhan maaf, kami sedang sibuk" karya Ahmad Rifa'i Rif'an ; analisis wacana model Teun A Van Dijk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Naini, Arum Wildatus (2019) Pesan dakwah dalam novel "Tuhan maaf, kami sedang sibuk" karya Ahmad Rifa'i Rif'an ; analisis wacana model Teun A Van Dijk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arum Wildatus Naini_B01215011.pdf

Download (6MB)

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah tentang pesan dakwah yang terkandung dalam novel “Tuhan Maaf, Kami Sedang Sibuk” yang mengandung unsur Aqidah, Syari’ah dan Akhlak dalam novel tersebut. Dengan Tujuan untuk mengetahui pesan dakwah yang terkandung dalam novel “Tuhan Maaf, Kami Sedang Sibuk”. Karya Ahmad Rifa’i Rif’an.Untuk mengidentifikasi masalah tersebut secara mendalam dan menyeluruh, dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Kemudian data yang diperoleh, peneliti melakukan metode observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis menggunakan analisis wacana model Teun A Van djik.Hasil penelitian ini adalah bahwa pesan dakwah yang terkandung dalam novel “Tuhan Maaf, Kami Sedang Sibuk” karya Ahmad Rifa’i Rif’an yaitu pesan dakwah tentang Aqidah, Syari’ah dan Akhlak. Pesan Aqidah yang terkandung adalah tentang pentingnya selalu mengingat Allah dimanapun berada dan mempercayai bahwa Allahlah yang maha segalanya, pesan syari’ah yaitu berupa muamalah, dimana penulis menekankan pada aturan dalam menjalin hubungan antar sesama, dan pesan akhlaq yang terkandung dalam novel ini yaitu tentang akhlak kita terhadap Allah, yang mana dalam novel ini dijelaskan bahwa manusia saat ini lebih banyak yang mementingkan kepentingan duniawi tanpa mengedepankan kepentingan akhirat. Rekomendasi dan saran kepada peeiti selanjutnya agar mampu menjadi acuan dan mampu mengembangkan penelitian ini. Di samping itu, pengembangan dan teori analisis wacana model Teun A Van Dijk setidaknya bisa digunakan untuk menganalisa pesan dakwah di novel yang lebih berkualitas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Naini, Arum WildatusARUMNAINI@GMAIL.COMUNSPECIFIED
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Akhlak
Dakwah > Dakwah - Media
Menulis
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Uncontrolled Keywords: Analisis Wacana; Pesan Dakwah; Novel Tuhan Maaf; Kami Sedang Sibuk
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Naini Arum Wildatus
Date Deposited: 08 Feb 2019 07:14
Last Modified: 08 Feb 2019 07:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29295

Actions (login required)

View Item View Item