Ekologi kampung kemasan dan perubahan-perubahannya di Gresik tahun 1880-1910

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawati, Novi (2019) Ekologi kampung kemasan dan perubahan-perubahannya di Gresik tahun 1880-1910. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novi Kurniawati_A92215109.pdf

Download (7MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana terbentuknya ekologi kampung Kemasan. 2) Bagaimana Perubahan-perubahan ekologi di kampung Kemasan pada tahun 1880-1920. 3) Apa dampak dari perubahan ekologi kampung Kemasan terhadap kehidupan masyarakat Kemasan. Skripsi ini, ditulis dengan menggunakan metode penelitian sejarah dengan langkah-langkah sebagai berikut: heuristik (pengumpulan data), verifikasi (mengkritik data), interpretasi (penafsiran data) dan historiografi (penulisan sejarah). Penulisan ini menggunakan pendekatan historis dan sosiologi. Historis untuk melihat sejarah Kemasan dari berbagai perubahan ekologi yang terjadi didalamnya dari tahun ke tahun dengan melihat urutan waktu atau peristiwa secara kronologis dan sosiologi yang mana sangat relevan sekali sebagai alat analisis konsep urban yaitu pemukiman penduduk, adanya manusia disuatu tempat sehingga membutuhkan lahan untuk pemukiman, ibadah dan pendidikan. Penulisan ini juga menggunakan teori urbanisasi Ibnu Khaldun, dimana masyarakat berpindah ke daerah lain untuk kehidupan yang lebih layak dan membentuk suatu pemukiman baru disana. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa: Kampung Kemasan awalnya ditempati oleh Bak Liong yang mana keturunan China kemudian tahun 1855 datang H. oemar bin Ahmad seorang saudagar kulit yang kemudian membangun pemukiman di Kemasan, selain pemukiman yang awalnya lahan kosong dibuka menjadi lahan untuk agama dan pendidikan serta industri. Dengan berubahnya lahan maka memberikan dampak bagi masyaraakat dalam berbagai bidang termasuk agama, pendidikan, ekonomi dan begitu juga sosial kultural.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawati, Novinovikurniawati19971@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Ekologi
Uncontrolled Keywords: Ekologi kampung; Kemasan Gresik
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Kurniawati Novi
Date Deposited: 11 Feb 2019 07:47
Last Modified: 11 Feb 2019 07:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29292

Actions (login required)

View Item View Item