Pengaruh perang Badar terhadap eksistensi kaum Muslim di Madinah (2 H/624 M)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmadani, Muhammad Zulfahnur Hilmi (2019) Pengaruh perang Badar terhadap eksistensi kaum Muslim di Madinah (2 H/624 M). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Zulfahnur Hilmi Rahmadani_A92215106.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi berjudul “Pengaruh Perang Badar terhadap Eksistensi Kaum Muslim di Madinah (II H / 624 M)” ini fokus mengkaji permasalahan (1) Kronologi terjadinya Perang Badar (2) Faktor - Faktor Penyebab Kemenangan Kaum Muslim di Perang Badar (3) Pengaruh Perang Badar terhadap Eksistensi Kaum Muslim di Madinah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah, yaitu proses menguji dan menganalisis peristiwa sejarah untuk menemukan data yang otentik dan dapat di percaya untuk merekonstruksi kejadian masa lampau. Data – data penelitian di dapat dari penelusuran sumber terkait, baik yang di tulis oleh sejarawan sezaman atau yang ditulis oleh sejarawan modern. Data tersebut di pilih sesuai tema bahasan yang di ambil dan di analisis untuk di peroleh data yang sesuai kemudian baru di tulis. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan Historis dan pendekatan Sosiologis, dengan pendekatan historis penulis bertujuan mendeskripsikan peristiwa yang terjadi di masa lampau. Sedangkan pendekatan sosiologis akan membahas segi-segi sosial dari peristiwa yang dikaji. Dalam hal ini peneliti menggunakan teori Peranan menurut Soerjono Soekanto. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Perang Badar merupakan Perang besar pertama dalam Islam. Perang tersebut melibatkan pasukan kecil Kaum Muslim melawan seribu lebih tentara Kaum Musyrik. Setelah bertarung dengan sengit akhirnya Kaum Muslimin yang keluar sebagai pemenangnya dan berhasil membunuh pemuka – pemuka Kaum Musyrik Makkah (2) ada dua Faktor kemenangan Kaum Muslim, yaitu atas pertolongan dari Allah berupa turunnya hujan dan keikutsertaan malaikat dalam memerangi pasukan Musyrik Makkah. Dan juga atas kecerdasan strategi dari pemimpin tunggal Kaum Muslim yaitu Nabi Muhammad serta semangat jihad Kaum Muslim yang membara (3) Pengaruh kemenangan Perang Badar terhadap Eksistensi Kaum Muslim ialah Kaum Muslimin semakin di takuti oleh musuh, penyebaran Islam semakin meluas, kondisi perekonomian menjadi stabil dan lain sebagainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmadani, Muhammad Zulfahnur Hilmihilmimillah1998@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah > Sejarah Islam
Uncontrolled Keywords: Perang Badar; Sejarah Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Hilmi R M. Zulfahnur
Date Deposited: 13 Feb 2019 04:26
Last Modified: 13 Feb 2019 04:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29278

Actions (login required)

View Item View Item