K. H Mahfudh Sholeh sebagai pendiri madrasah pertama di Mengare Bungah Gresik tahun 1960 - 1988 M

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zakiyah, Millah (2019) K. H Mahfudh Sholeh sebagai pendiri madrasah pertama di Mengare Bungah Gresik tahun 1960 - 1988 M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
A02215009_Millah Zakiyah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi berjudul “K.H Mahfudh Sholeh Sebagai Pendiri Madrasah Pertama di Mengare Bungah Gresik Tahun 1960-1988 M” ini fokus mengkaji permasalahan (1) Bagaimana Biografi K.H Mahfudh Sholeh? (2) Bagaimana Peran K.H Mahfudh Sholeh dalam Membangun Madrasah Pertama di Mengare? (3) Bagaimana Pengaruh Pendidikan Islam yang dirintis oleh K.H Mahfudh Sholeh di Mengare sampai saat ini?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah, yaitu dengan proses menguji dan menganalisis peristiwa sejarah untuk menemukan data yang otentik dan dapat dipercaya melalui pencarian sumber wawancara kepada masyarakat yang pernah hidup sezaman maupun masyarakat saat ini, kemudian dengan adanya bukti fisik dari karya tulis dan bangunan madrasah. Data tersebut dipilih karena sesuai dengan tema bahasan yang diambil dan dianalisis untuk memperoleh data yang sesuai kemudian ditulis. Penulis menggunakan pendekatan Historis dan Sosiologis. Dengan menggunakan penelitian Historis penulis bertujuan untuk merekonstruksi dan mendeskripsikan peristiwa di masa lampau. Sedangkan dengan pendekatan Sosiologis akan membahas segi – segi sosial dari peristiwa yang sudah dikaji. Dari penelitian ini, peneliti menggunakan teori peranan menurut Soerjono Soekanto sebagaima peran dari K.H Mahfudh Sholeh terhadap kemajuan pedidikan di Mengare Bungah Gresik. Dari penelitian ini dapat disimpulkan diantaranya adalah: (1) K.H Mahfudh Sholeh lahir di Mengare, 10 Desember 1938 (2) Madrasah pertama kali di Mengare yang didirikan oleh K.H Mahfudh Sholeh adalah MI Tsamrotul Ulum pada tahun 1956. Kemudian disusul dengan pendirian madrasah – madrasah lanjutan oleh K.H Mahfudh Sholeh yang menjadi satu – satunya di Mengare(3) dengan adanya madrsah yang dirintis oleh K.H Mahfudh Sholeh dapat merubah kesadaran masyarakat Mengare akan pentingnya pendidikan. Dan sebagai wadah bagi masyarakat yang kurang mampu untuk melanjutkan pendidikannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zakiyah, MillahZakiyah15115@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Sejarah > Sejarah Islam
Uncontrolled Keywords: K.H Mahfudh Sholeh; Mengare Bungah Gresik
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Zakiyah Millah
Date Deposited: 13 Feb 2019 04:19
Last Modified: 13 Feb 2019 04:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29266

Actions (login required)

View Item View Item