Konseling Islam dengan Teknik Biblioterapi dalam mengatasi anak Disleksia di SD Taquma Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ibtihal, Nidaa (2019) Konseling Islam dengan Teknik Biblioterapi dalam mengatasi anak Disleksia di SD Taquma Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nidaa Ibtihal_B93215107.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian adalah 1. Bagaimana proses konseling Islam dengan teknik biblioterapi dalam mengatasi anak disleksia di SD Taquma Surabaya?, 2. Bagaimana hasil proses konseling Islam dengan teknik biblioterapi dalam mengatasi anak disleksia di SD Taquma Surabaya?. Dalam menjawab permasalahan tersebut, penilitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisa deskriptif analisis. Dalam menganalisa yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi anak dengan sindrom disleksia tersebut, dengan menggunakan analisis deskriptif. Selanjutnya analisa proses serta hasil pelaksanaan Konseling Islam dengan teknik biblioterapi dalam mengatasi anak disleksia di SD Taquma Surabaya yang dilakukan dengan analisis deskriptif komperatif, yang mana penulis menganalisa data teori dan data yang terjadi dilapangan. Serta membandingkan kondisi konseli sebelum dan sesudah dilaksanakannya proses konseling. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses konseling dengan teknik biblioterapi yang terdiri dari 4 tahapan: 1. Tahap Motivasi, 2. Waktu membaca, 3. Tahap Inkubasi tindak lanjut serta dengan diskusi yang mengacu pada teknik biblioterpi sesuai dengan media yang diberikan. Langkah terakhir evaluasi/follow up. Media yang digunakan pada teknik biblioterapi ini peneliti menggunakan dua bahan media bacaan. Yang pertama buku cerita untuk memotivasi yaitu “Abdullah bin Mas’ud Qari Cilik Bersuara Merdu” serta buku untuk belajar membaca dan menulis anak sindrom disleksia yaitu“ Golden Age Book Pintar Baca Tulis”. Penggunaan litelatur ini diharapkan dapat membantu motivasi belajar membaca dan mengatasi cara belajar membaca dan menulis konseli yang terkena sindrom disleksia. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa dengan menggunakan teknik biblioterapi dinyatakan berhasil dengan melihat adanya perubahan konseli yang mau meluangkan waktu untuk belajar membaca dan analisis baca tulis konseli penderita disleksia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ibtihal, NidaaNiedaa23@gmail.ComUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Uncontrolled Keywords: konseling islam; teknik biblioterapi; disleksia.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ibtihal Nidaa
Date Deposited: 11 Feb 2019 02:52
Last Modified: 11 Feb 2019 02:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29261

Actions (login required)

View Item View Item