Analisis Al-Bay’ Terhadap Sistem Jual Beli Barang-Barang Bekas Di Jibril Second Stuff

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizki, Agnes Amalia (2019) Analisis Al-Bay’ Terhadap Sistem Jual Beli Barang-Barang Bekas Di Jibril Second Stuff. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Agnes Amalia Rizki_C92214110.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan dengan judul “Analisis Al-Bay’ Terhadap Sistem Jual Beli Barang-Barang Bekas Di Jibril Second Stuff” skripsi ini bertujuan menjawab pertanyaan diantaranya adalah : Bagaimana sistem jual beli barang-barang bekas di Jibril Second Stuff dan Bagaimana analisis al-bay’ terhadap jual beli barang-barang bekas di Jibril Second Stuff.Berkenaan dengan itu metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara (interview) dan dokumentasi, selanjutnya data disusun dan dianalisis dengan menggunakan metode deskripstif analisis, yakni tentang jual beli dengan memanfaatkan barang-barang bekas dengan metode jual beli online, kesimpulan diambil menggunakan pola pikir induktif yaitu menguraikan pemikiran atau teori ke arah data dari beberapa fakta yang terkait dengan praktik dalam hukum Islam. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaku usaha yakni Jibril Second Stuff memanfaatkan adanya barang-barang bekas tersebut dengan menjualnya kembali melalui sistem jual beli online, Dalam praktik jual beli barang-barang bekas dengang sistem online tersebut penjual tidak menjelaskan secara detail tentang spesifikasi barang-barang yang dijualnya. Jadi menimbulkan kekecewaan pembeli ketika menerima barang yang sudah dibeli melalui toko online Jibril Second Stuff. Jual beli yang seperti ini tidak sesuai dengan hukum Islam karena tidak ada keterbukan dari penjual tentang bagaimana jual beli yang sah menurut rukun dan syaratnya seperti barangnya harus jelas dan barangnya harus sesuai dengan yang dipesan. Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka disarankan kepada penjual atau pelaku bisnis Jibril Second Stuff agar kedepannya bisa melakukan transkasi jual beli kepada pembeli dengan lebih ditingkat keterbukaan kepada pembeli tentang barang-barang bekas yang akan diperjualbelikan. Dan untuk pembeli atau konsumen harusnya lebih selektif lagi dalam memilih atau membeli barang-barang yang sudah terpakai sebelumnya atau barang-barang bekas. Dan pembeli juga harus ada upaya untuk menanyakan atau negoisasi sebelum akad terjadi dengan menanyakan apakah ada ganti rugi jika terjadi barang ada cacatnya atau rusak. Agar nantinya transaksi jual beli nantinya bisa sesuai dengan hukum Islam yang sudah ditentukan dan bisa menimbulkan berkah dalam jual beli antara penjual dan pembeli.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizki, Agnes Amaliaagnesamalia99@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Jual Beli
Keywords: Al Bay; Jibril Second Stuff
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Rizki Agnes Amalia
Date Deposited: 07 Feb 2019 07:38
Last Modified: 11 Feb 2019 01:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29245

Actions (login required)

View Item View Item