Tinjauan hukum Islam terhadap sistem pembayaran jasa transportasi Bus Surabaya (Suroboyo Bus) di Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohma, Inayatur (2019) Tinjauan hukum Islam terhadap sistem pembayaran jasa transportasi Bus Surabaya (Suroboyo Bus) di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Inayatur Rohma_C92214147.pdf

Download (13MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan dengan judul “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Pembayaran Jasa Transportasi Bus Surabaya (Suroboyo Bus) Di Kota Surabaya”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan, 1) Bagaimana sistem pembayaran jasa transportasi Bus Surabaya (Suroboyo Bus) di Kota Surabaya. 2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap sistem pembayaran jasa transportasi Bus Surabaya (Suroboyo Bus) di Kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pembahasan dimulai dengan pengumpulan data yang diperoleh dari lapangan mengenai praktik sistem pembayaran Suroboyo Bus di Kota Surabaya, kemudian dianalisis dengan hukum Islam yakni ijārah terhadap sistem pembayaran pada Suroboyo Bus di Kota Surabaya. Hasil penelitian ini, diperoleh informasi mengenai praktik sistem pembayaran Suroboyo bus yang menggunakan sampah di kota Surabaya, yakni dengan akad ijārah. Praktik yang terjadi dalam Suroboyo Bus berawal dari penumpang yang ingin menaiki Suroboyo Bus harus membawa 3 botol plastik berukuran besar, atau 5 botol plastik berukuran sedang, atau 10 buah gelas plastik bekas yang kemudian ditukarkan dengan tiket. Pada penerapannya, hal tersebut sudah sesuai dengan apa yang telah ditentukan dan berjalan cukup baik. Dan seluruh masyarakat juga mendukung pembayaran menggunakan sampah ini. Praktik sistem pembayaran pada Suroboyo bus yang menggunakan sampah di kota Surabaya tidak menyalahi rukun dan syarat umum ijārah, sehingga sistem pembayaran menggunakan sampah plastik dan sistem tarif dalam hukum Islam terserebut diperbolehkan. Karena dalam hal ini sistem pembayaran Suroboyo bus yang menggunakan sampah sama dengan menaiki kendaraan umum yang membayar dengan uang, hanya saja dalam Suroboyo bus pembayarannya menggunakan sampah sebagai pengganti uang. Namun, hingga saat ini Suroboyo Bus masih belum memiliki naungan hukum yang secara rinci mengaturnya baik melalui Peraturan Daerah maupun Surat Keputusan yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat. Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka hendaknya Pemerintah Kota Surabaya membuat peraturan yang lebih rinci tentang Suroboyo Bus mengingat rute yang ditempuh Suroboyo Bus melewati rute jalur lyn, bison, bemo dan bus kota.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohma, Inayaturnaya_princess76@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Ijarah
Keywords: Sistem pembayaran; jasa transportasi; Bus Surabaya
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Rohma Inayatur
Date Deposited: 07 Feb 2019 07:19
Last Modified: 07 Feb 2019 07:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29244

Actions (login required)

View Item View Item