Penguatan nilai-nilai agama Islam melalui Individual Approach: studi kasus di SMPN 1 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Toyyib, M. Sabilut (2019) Penguatan nilai-nilai agama Islam melalui Individual Approach: studi kasus di SMPN 1 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Sabilut Toyyib_D91215063.pdf

Download (3MB)

Abstract

Manusia sebagai mahluk beragama sudah seharusnya menjalankan kewajiban agamanya, selalu berkomitmen menjalankan agamanya. Begitu juga dengan peserta didik SMPN 1 Surabaya yang beragama Islam maka, wajib bagi mereka menerapkan nilai-nilai agama Islam disemua aspek. Menginggat SMPN 1 Surabaya merupakan sekolah yang beragam maka, diperlukannya penguatan nilai-nilai agama Islam terhadap peserta didik agar mampu meningkatkan pemahaman nilai-nilai agama Islam dan memperkuat komitmen beragama guna mendukung salah satu visi sekolah yakni mencetak generasi yang beriman dan bertakwa. Berkaitan dengan hal tersebut, pada skripsi ini peneliti meneliti mengenai bagaimana pelaksanaan, hasil dan apa faktor (pendukung dan penghambat) dalam penguatan nilai-nilai agama Islam melalui individual approach di SMPN 1 Surabaya. Penelitian tersebut menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan teknik analisis matriks SWOT. Adapun subjek penelitian adalah guru PAI dan 28 peserta penguatan nilai-nilai agama Islam melalui individual approach dengan berbagai kategori. Hasil temuan dari penelitian ini adalah pelaksanaan penguatan nilai-nilai agama Islam melalui individual approach di SMPN 1 Surabaya, dilaksanakan secara kontinue, tuntas dan sistematis. Adapun mengenai hasil penguatan nilai-nilai agama Islam melalui individual approach di SMPN 1 Surabaya, menunjukkan nilai positif dan perubahan kearah yang lebih baik, artinya penguatan nilai-nilai agama tersebut dapat dikatakan mengalami keberhasilan. Hal itu, dapat terselenggara dengan sukses berkat kerjasama dan komunikasi yang baik antara pembimbing dengan berbagai pihak terkait dan pemaduan anatara faktor pendukung dengan faktor penghambat untuk dijadikan sebagai solusi praktis dalam penguatan nilai-nilai agama Islam melalui individual approach di SMPN 1 Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Toyyib, M. Sabilutm.sabilut.toyyib.ftk.pai@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Nilai-nilai agama Islam; individual approach
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Toyyib M. Sabilut
Date Deposited: 08 Feb 2019 09:31
Last Modified: 08 Feb 2019 09:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29241

Actions (login required)

View Item View Item