Analisis pengungkapan Islamic Social Reporting Index pada Bank Syariah di Indonesia: studi empiris pada Bank BNI Syariah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indayani, Julia Nur (2019) Analisis pengungkapan Islamic Social Reporting Index pada Bank Syariah di Indonesia: studi empiris pada Bank BNI Syariah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Julia Nur Indayani_G74215148.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Pengungkapan Islamic Social Reporting Index pada Bank Syariah di Indonesia (Studi Empiris pada Bank BNI Syariah)” ini menganalisis tentang Islamic Social Reporting Index pada Bank Syariah dan Islamic Social Reporting Index pada BNI Syariah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisi Islamic Social Reporting Index pada bank syariah dan Islamic Social Reporting Index pada BNI Syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kulitatif melalui wawancara dan content analysis. Subjek penelitian ini adalah Islamic Social Reporting Index. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan publikasi tahun 2017 BNI Syariah. Wawancara dilakukan kepada pegawai BNI Syariah dan Content Analysis pada laporan tahun 2017 BNI Syariah. Data dianalisis dengan item-item yang ada dalam Islamic Social Reporting Index. Item-item Islamic Social Reporting Index yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 50 item, termasuk 6 tema diantaranya investasi dan keuangan, produk dan jasa, karyawan, sosial, lingkungan, dan tata kelola organisasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan Islamic Social Reporting Index pada bank syariah saat ini lebih sesuai pada bank umum syariah daripada unit usaha syariah. Untuk bank syariah yang berupa unit usaha syariah dalam penyajian laporannya belum tersendiri, masih mengikuti bank konvensionalnya sehingga hasil yang diperoleh dari Islamic Social Reporting Index belum cukup baik. Sedangkan bank umum syariah memiliki hasil Islamic Social Reporting Index cukup baik. Dan bank syariah di Indonesia masih mengacu pada peraturan otoritas jasa keuangan nomor 6/POJK.03/2015 Tentang Transparansi dan Publikasi Bank. Analisis pengungkapan Islamic Social Reporting Index yang dilakukan pada BNI Syariah memberikan hasil yang baik. Hasil analisa Islamic Social Reporting Index pada laporan tahunan 2017 BNI Syariah menunjukkan terdapat 43 item yang sesuai dengan Islamic Social Reporting Index. Presentase Islamic Social Reporting Index yang diperoleh BNI Syariah sebesar 86%. Hal ini menunjukkan bahwa BNI Syariah dalam pengungkapan laporan tanggung jawab sosial telah sesuai nilai-nilai syariah. Dari hasil penelitian ini diharapkan agar Otoritas Jasa Keuangan membuat aturan untuk bank syariah dalam penyajian laporan tahunannya. Hasil penelitian ini juga mengharapkan agar BNI Syariah dapat dijadikan sebagai contoh untuk bank syariah lainnya dalam melakukan pengungkapan laporan tahunnanya. Dan diharapkan untuk teori Islamic Social Reporting lebih dikembangkan terutama untuk Indeksnya lebih luas diungkapkannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indayani, Julia Nurindahyni18@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akuntansi
Bank dan Perbankan Islam
Bank Islam
Keuangan Islam
Keywords: Islamic Social Reporting Index; Bank Syariah; BNI Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Indayani Julia Nur
Date Deposited: 07 Feb 2019 02:26
Last Modified: 07 Feb 2019 02:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29229

Actions (login required)

View Item View Item