Nilai-nilai pendidikan Islam dalam objek Wisata Religi: studi multi kasus di Astana Buju’ Batu Ampar Pamekasn dan Pasarean Conkop Banyuanyar Pamekasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rozak, Abd. (2018) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam objek Wisata Religi: studi multi kasus di Astana Buju’ Batu Ampar Pamekasn dan Pasarean Conkop Banyuanyar Pamekasan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abd. Rozak_F02316042.pdf

Download (4MB)

Abstract

Wisata religi lyang dilakukan masyarakat Jawa lebih mengarah kepada pengertian ziarah, yang diartikan sebagai kunjungan kepada makam orang yang sudah meninggal. Dalam hal ini juga disebut sebagai ziarah kubur. Ziarah kubur dalam agama Islam dianggap sebagai perbuatan sunnah. Kemudian dalam wisata religi, masyarakat muslim Jawa tidak hanya sebatas menikmati indahnya wisata, akan tetapi ada kegiatan yang bersifat relegius keagamaan yang dilakukan para peziarah. Tujuannya untuk mendapatkan barokah para waliyullah seperti sikap zuhud, tawadhu, istiqomah, dan dikenal dengan orang yang sangat dekat dengan tuhannya. Fokus penelitian ini dibuat dengan tinga poin antara lain; 1) Bagaimana bentuk nilai keimanan dalam pendidikan Islam pada objek wisata religi?, 2) Bagaimana bentuk nilai ubudiyah dalam pendidikan Islam pada objek wisata religi?, 3) Bagaimana bentuk nilai muamalah dalam pendidikan Islam pada objek wisata religi ? Penelitan ini menggunakan pendekatan multi kasus dengan rancangan multi kasus di religi astana buju’ Batu Ampar dan makam conkop Banyuanyar. Pengumpulan datanya dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dari metode penelitian ini adalah pengelola wisata, peziarah, masyarakat sekitar dan pedagang. Hasil ini menunjukkan bahwa, (1) Bentuk nilai keimanan dalam pendidikan Islam yang ada pada objek wisata religi ialah mempunyai dimensi pendidikan ketuhanan. Para peziarah menilai bahwa wisata religi merupakan tempat mengais barokah dari Allah SWT karena wisata religi merupakan tempat pasarean para waliyullah, sehingga oleh para peziarah dimanfaatkan sebagai tempat bertawassul dengan melakukan berbagai kegiatan keagamaan yang mengacu kepada nilai keimanan diantaranya berdzikir dan berdo’a. (2) bentuk nilai ubudiyah dalam pendidikan agama Islam pada objek wisata religi mencakup seluruh kegiatan keagamaan para peziarah dimana objek wisata religi dijadikan sebagai sarana beribadah kepada Allah SWT. (3) Bentuk nilai muamalah dalam pendidikan Islam pada objek wisata religi terdapat kegiatan yang ada dilingkungan wisata religi yang mengacu pada indikator muamalah. Idikator muamalah yang ditemukan di tempat wisata religa terdapat beberapa varian diantaranya; jual beli, ijarah dan syirkah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rozak, Abd.rozaq.addb@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam; Objek Wisata Religi
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rozak Abd.
Date Deposited: 06 Feb 2019 06:08
Last Modified: 06 Feb 2019 06:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29219

Actions (login required)

View Item View Item