Tinjauan hukum Islam terhadap praktik investasi digital cryptoasset pada mata uang digital Cyronium Coin

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawan, Fajar (2019) Tinjauan hukum Islam terhadap praktik investasi digital cryptoasset pada mata uang digital Cyronium Coin. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fajar Kurniawan_C72214075.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul ”Tinjauan Hukum Islam terhadap praktik investasi digital Cryptoasset pada mata uang digital Cyronium Coin”. Untuk menjawab bagaimana praktik investasi digital pada mata uang digital Cyronium Coin yang ditinjau sudut pandang Hukum Islam. Skripsi ini merupakan penelitian lapangan (field research) di Desa Banyuraden, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Selanjutnya data yang berhasil dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori-teori yang berkaitan dengan Mudharabah untuk selanjutnya ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa praktik investasi digital pada mata uang digital cyronium coin ini akadnya tidak sah karena tidak memenuhi syarat mudharabah. Dalam hal ini PT Cyronium Mulia Nusantara tidak terbuka dalam pembagian hasil keuntungan dengan investor dan sudah seharusnya membagikan hasil atau persentase keuntungan untuk kedua pihak baik investor sebagai shahibul mal dan PT Cyronium Mulia Nusantara sebagai mudharib. Sehingga ketika tidak adanya pembagian keuntungan yang secara jelas maka kerelaan antar kedua pihak tidak akan tercapai dan cita-cita suka sama suka yang diajarkan dalam bermuamalah di agama Islam tidak tercapai pula. Sejalan dengan hasil penelitian di atas, Penulis dapat memberikan saran kepada pihak Cyronium Coin agar legalitas yang belum terpenuhi segera diproses dengan cepat kepada pihak terkait yakni khususnya Bappebti agar tidak mengganggu aktifitas investasi digital yang telah berjalan dan tidak berdampak pada perekonomian di Indonesia. Kemudian untuk para konsumen atau investor harus jelih dalam mengambil keputusan untuk melakukan praktik investasi digital pada mata uang Cyronium Coin. Ini dikarenakan para konsumen agar tidak hanya melihat pada sisi keuntungannya saja melainkan juga pada sisi kelemahan dan resikonya juga

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawan, Fajarkurniawanfajar777@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Investasi
Hukum Islam > Mudharabah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syariah
Depositing User: Kurniawan Fajar
Date Deposited: 07 Feb 2019 02:19
Last Modified: 07 Feb 2019 02:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29217

Actions (login required)

View Item View Item