Pengaruh penggunaan media boneka jari terhadap kemampuan berbicara anak kelompok A di PAUD Tashwirul Afkar Gedangan Sidoarjo

Adhimah, Syifaul (2019) Pengaruh penggunaan media boneka jari terhadap kemampuan berbicara anak kelompok A di PAUD Tashwirul Afkar Gedangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syifaul Adhimah_D78214041.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berbicara anak dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru serta ketidakmampuan anak dalam menceritakan kembali isi cerita yang telah didengarnya secara sederhana. Hal ini dibuktikan dari 15 anak dalam satu kelas, tidak ada satu pun anak yang mampu menceritakan kembali isi cerita yang telah disampaikan oleh guru secara sederhana. Maka dari itu, tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media boneka jari terhadap kemampuan berbicara anak kelompok A di PAUD Tashwirul Afkar Gedangan Sidoarjo.Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penilitian Kuantitatif menggunakan desain penelitian Pre Eksperimental dengan jenis One Group Pretest Postest Design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelompok A2 PAUD Tashwirul Afkar Gedangan Sidoarjo yang terdiri dari 15 siswa. Penelitian Kuantitatif jenis One Group Pretest Postest Design memiliki 3 tahapan, yaitu pre test, pemberian perlakuan (treatment), dan post test. Pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ialah adanya pengaruh atau dampak positif atas penggunaan media boneka jari terhadap kemampuan berbicara anak kelompok A di PAUD Tashwirul Afkar Gedangan Sidoarjo. Hal ini dibuktikan dari hasil data pre test dan post test yang didapat menggunakan uji Wilcoxon dengan menggunakan SPSS 16 yang menunjukkan Zhitung -3.508 dan sig ,000. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Email: syifaul.adhimah@gmail.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Tamwifi, Irfan
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berbicara; Boneka Jari.
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Adhimah Syifaul
Date Deposited: 08 Feb 2019 08:02
Last Modified: 08 Feb 2019 08:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29212

Actions (login required)

View Item View Item