Sejarah perkembangan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama di Desa Tropodo Kecamatan Waru Tahun 1980 - 2016

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afif, Muhammad Husnul (2019) Sejarah perkembangan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama di Desa Tropodo Kecamatan Waru Tahun 1980 - 2016. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Husnul Afif_A02213044.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian skripsi ini berjudul “Sejarah Perkembangan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama di Desa Tropodo Kecamatan Waru Tahun 1980 – 2016”. Dalam skripsi ini, ada tiga hal yang dibahas yaitu: pertama bagaiamana Sejarah Terbentuknya IPNU IPPNU Ranting Tropodo?, kedua bagaimana dinamika perkembangan IPNU IPPNU Tropodo dari tahun 1980-2016?, ketiga bagaimana pandangan masyarakat terhadap keberadaan IPNU IPPNU Ranting Tropodo?. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan historis dimana ilmu yang di dalamnya di bahas berbagai peristiwa dengan. Memperhatikan unsur tempat, waktu, obyek, latar belakang, dan pelaku dari peristiwa tersebut. Dengan pendekatan ini, segala peristiwa dapat dilacak dengan melihat kapan peristiwa itu terjadi, dimana, apa sebabnya, dan siapa yang terlibat dalam peristiwa tersebut. Kami juga menggunakan pendekatan sosiologi yang memberikan penjelasan kausal terhadap perilaku-perilaku sosial dalam sejarah. Dalam penulisan ini metode yang digunakan penulis adalah metode penulisan sejarah. Metode sejarah dengan tahapan heuristik (pengumpulan sumber), verifikasi (kritik), interpretasi (penafsiran), dan historiografi (penulisan sejarah). Dan menggunakan teori Continuity and Change adalah kesinambungan dan perubahan. Berdasarkan permasalahan yang dipaparkan di atas, setelah dianalisis dapat disimpulkan bahwa: (1) IPNU IPPNU Ranting Tropodo didirikan pada tanggal 27 januari 1980 di Masjid Fatuhr Rahman oleh para pelajar NU Tropodo yang dimotori Mas’adi, M Jupri, dan M Ayub. (2) Perkembangan IPNU IPPNU Tropodo dapat dibagi menjadi tiga babakan sejarah. Pertama, periode awal (1980-1993), kedua, periode pertengahan (1994-2007) dan ketiga, periode kontemporer (2008-2016). Pembagian tersebut diambil dengan melihat kebijakan arah organisasi di tiap masanya dan selanjutnya mempengaruhi kegiatan dan rutinitas keseharian organisasi. (3) Pandangan masayarakat sekitar terhadap IPNU IPPNU Tropodo berasal dari dua kalangan masyarakat. Pertama, kalangan masyarakat struktural Nahdliyin. Kedua, kalangan masyarakat non struktural Nahdliyin. Respon dan pandangan masyarakat sekitar terhadap IPNU IPPNU Tropodo sangat baik dan selalu mendukung kegiatan-kegiatan yang dilaksankan IPNU IPPNU Ranting Tropodo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afif, Muhammad Husnulhusnuapop27@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Nahdlatul Ulama
Uncontrolled Keywords: Organisasi Pemuda; Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama; Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Afif M Husnul
Date Deposited: 07 Feb 2019 08:33
Last Modified: 07 Feb 2019 08:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29200

Actions (login required)

View Item View Item