Bimbingan Konseling Islam dengan Terapi Realitas dalam membentuk Keluarga Harmonis pada pasangan beda profesi di Desa Planggiran Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan

Zahroh, Hilwatus (2019) Bimbingan Konseling Islam dengan Terapi Realitas dalam membentuk Keluarga Harmonis pada pasangan beda profesi di Desa Planggiran Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hilwatus Zahroh_B03215014.pdf

Download (998kB)

Abstract

Keluarga harmonis merupakan keluarga yang penuh dengan ketenangan,rukun, bahagia, saling menghargai, taat mengerjakan ibadah dan memanfaatkan waktu luang dengan hal yang positif menjalankan peran-perannya dengan penuh kematangan sikap, saling membantu dan bekerja sama. Pada dasarnya dalam kehidupan manusia keluarga harmonis sangatlah di dambakan dalam sebuah perkawinan. Untuk itulah diperlukan bimbingan konseling dalam membentuk keluarga harmonis, mengantisapasi masalah yang cenderung muncul dan menyelsaikan masalah dalam keluarga. Dalam penelitian ini, pembatasan masalah fokus yaitu (1) Bagaimana proses bimbingan dan konseling Islam dengan terapi realitas dalam membentuk keluarga harmonis pada pasangan beda profesi (2) Bagaimana hasil akhir pelaksanaan Bimbingan Konseling Islam dengan Terapi Realitas dalam membentuk keluarga harmonis pada pasangan beda profesi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dengan analisis data deskriptif komparatif, yaitu membandingkan kondisi klien antara sebelum dan sesudah pemberian terapi. Proses bimbingan dan konseling Islam dengan terapi realitas dalam membentuk keluarga harmonis pada pasangan beda profesi menggunakan teknik bimbingan konseling pada umumnya dengan melalui 9 sesi menggunakan teknik konfrontasi dalam upaya merasionalkan pola pikir klien agar mampu menerima kenyataan dan membangun rencana melalui pengembangan potensi dimasa mendatang. Hasil akhir dalam penelitian ini , klien mengalami perubahan yang cukup baik. Berdasarakan hasil wawancara, serta observasi lanjutan yang dilakukan konselor, benar terdapat perubahan positif terhadap diri klien bahkan lebih baik dari sebelumnya karena lebih perhatian terhadap suami, tidak menuntut, serta mendukung suaminya dalam membangun usaha sesuai potensi yang di miliki. Adanya perubahan tersebut menunjukkan, bahwa Bimbingan Konseling Islam dengan Terapi Realitas dalam membentuk keluarga harmonis pada pasangan beda profesi memberikan dampakpositif terhadap perubahan sikap klien dalam membentuk keluarga harmonis.

Email: hilwatuszahroh@gmail.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Laila, Faizah Noer
Uncontrolled Keywords: Terapi Realitas; Membentuk Keluarga Harmonis
Subjects: Bimbingan Konseling
Keluarga
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Zahroh Hilwatus
Date Deposited: 06 Feb 2019 06:37
Last Modified: 06 Feb 2019 06:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29196

Actions (login required)

View Item View Item