Bimbingan Konseling Islam menggunakan teknik rational emotive behavior therapy dalam mengatasi self injury (melukai diri) pada siswi kelas 7 di SMPN 13 Surabaya

Amalia, Amalia (2019) Bimbingan Konseling Islam menggunakan teknik rational emotive behavior therapy dalam mengatasi self injury (melukai diri) pada siswi kelas 7 di SMPN 13 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amalia_B03215003.pdf

Download (14MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses Bimbingan Konseling Islam menggunakan teknik Rational Emotive Behavior Therapy dalam mengatasi Self Injury (melukai diri) pada Siswi Kelas 7 di SMPN 13 Surabaya? 2) Bagaimana hasil akhir pelaksanaan Bimbingan Konseling Islam menggunakan teknik Rational Emotive Behavior Therapy dalam mengatasi Self Injury (melukai diri) pada Siswi Kelas 7 di SMPN 13 Surabaya? Peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang peneliti dapatkan di lapangan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif komparatif, yaitu teori Bimbingan Konseling Islam dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy dipadukan dengan konsep Bimbingan Konseling Islam dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy di lapangan. Konsep analisis hasil penelitian yaitu dengan membandingkan perilaku konseli sebelum dan sesudah dilakukan proses konseling dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bimbingan dan konseling islam dengan pendekatan Rational Emotive Therapy dalam menangani Self Injury (Melukai Diri) pada Siswi Kelas 7 di SMPN 13 Surabaya. Untuk menjelaskan proses dan hasil proses tersebut, peneliti menggunakan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy pada umumnya, namun peneliti juga menggunakan unsur keislaman yaitu memadukan dengan Muhasabah supaya konseli bisa mengintropeksi diri serta meningkatkan kualitas diri tidak hanya dari segi umum saja tetapi juga dari segi agama. Sehingga hasil penelitian yang menggunakan Bimbingan Konseling Islam dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy mampu mengatasi self injury dengan mengubah pila pikir, mengontrol emosi serta mengubah perilakuya ke arah yang lebih positif.

Kata Kunci : Bimbingan Konseling Islam, Rational Emotive Behavior Therapy, Self Injury

Email: amalia.afd@gmail.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Astutik, Sri
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling Islam; rational emotive behavior therapy; self injury (melukai diri)
Subjects: Bimbingan Konseling
Psikoterapi > Psikoterapi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Amalia Amalia
Date Deposited: 06 Feb 2019 06:39
Last Modified: 06 Feb 2019 06:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29195

Actions (login required)

View Item View Item