Perang Aceh 1873-1903 surutnya hubungan diplomasi Kesultanan Aceh dan Turki Utsmani

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyah, Lailatul (2019) Perang Aceh 1873-1903 surutnya hubungan diplomasi Kesultanan Aceh dan Turki Utsmani. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Fitriyah_A92215095.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini fokus mengkaji permasalahan yang menyebabkan surutnya hubungan Kesultanan Aceh dan Turki Utsmani. Dengan begitu hal-hal yang perlu menjadi pembahasan adalah (1) Bagaimana Latar Belakang Perang Aceh? (2) Mengapa hubungan diplomasi Kesultanan Aceh dan Turki Utsmani menjadi surut? (3) Apa faktor dominan penyebab runtunya Kesultanan Aceh?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah, yaitu proses menguji dan menganalisis peristiwa sejarah untuk menemukan data yang otentik dan dapat di percaya untuk merekonstruksi kejadian masa lampau. Data – data penelitian di dapat dari penelusuran sumber terkait, baik yang di tulis oleh sejarawan sezaman atau yang ditulis oleh sejarawan modern. Data tersebut di pilih sesuai tema bahasan yang di ambil dan di analisis untuk di peroleh data yang sesuai kemudian baru di tulis. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan politik, dengan pendekatan historis penulis bertujuan mendeskripsikan peristiwa yang terjadi di masa lampau. Sedangkan pendekatan politik akan membahas gejolak politik dan hubungan diplomasi antar negara-negara dari peristiwa yang dikaji. Dalam hal ini peneliti menggunakan Teori Realisme menurut Niccolo Machiaveli dan Thucydides. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Perang Aceh merupakan perang paling destruktif di Nusantara dalam melawan penjajahan Belanda. Ketika Perang Aceh terjadi, maka sejak saat itu juga hubungan diplomasi Kesultanan Aceh dan Turki Utsmani yang pernah terjalin baik menjadi merenggang (2) penyebab surutnya hubungan Aceh dengan Turki disebabkan karena kondisi kacau di Turki Utsmani menghadapi bangsa Eropa yang ingin menghancurkan Daulah Utsmaniyah. Selain itu, Gerakan Freemasonry yang dibawa orang-orang Eropa berhasil mendominasi Turki Utsmani dan Aceh sehingga menyebabkan hubungan antara keduanya merenggang setelah menyebarkan paham-paham yang menyimpang dari ajaran Islam (3) faktor dominan yang meruntuhkan Kesultanan Aceh karena konflik dalam kerajaan yang memudahkan Belanda untuk melemahkan Aceh, dan pengaruh paham Freemasonry yang menyebarkan siasat pecah belah melalui Snouck Hurgronje.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyah, Lailatulfithrsoekatra17@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam > Perang
Sejarah > Sejarah Indonesia
Politik Internasional
Keywords: Perang Aceh; hubungan diplomasi; Kesultanan Aceh; Kesultanan Turki
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Fitriyah Lailatul
Date Deposited: 04 Feb 2019 01:43
Last Modified: 04 Feb 2019 01:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29194

Actions (login required)

View Item View Item