Bimbingan konseling Islam dengan terapi Realitas pada seorang pria depresi akibat gagal menikah di Desa Bakalan Wringin Pitu Balongbendo Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraeni, Widyanti Shintya (2019) Bimbingan konseling Islam dengan terapi Realitas pada seorang pria depresi akibat gagal menikah di Desa Bakalan Wringin Pitu Balongbendo Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Widyanti Shintya Anggraeni_B03215038.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana Gejala yang tampak pada seseorang pria depresi akibat gagal menikah?, (2) Bagaimana proses bimbingan konseling Islam dengan terapi realitas pada seorang pria depresi akibat gagal menikah?, (3) Bagaimana hasil proses bimbingan konseling Islam dengan terapi realitas pada seorang pria depresi akibat gagal menikah? Menjawab permasalahan di atas, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisa deskripsf komparatif, data yang telah diperoleh dalam penelitian ini adalah melalui wawancara dan observasi kepada konseli dan informan, hasil tersebut disajikan dalam bab penyajian data dan analisis data yang berguna untuk mengetahui keadaan dan perubahan yang terjadi pada seseorang pria depresi akibat gagal menikah. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa pada seorang pria yang mengalami kegagalan pernikahan telah terjadi gejala-gejala depresi diantaranya sedih dan menangis, merenung dan melamun, tidak bisa menghilangkan kenangan-kenangan bersama mantan calon istrinya, gangguan tidur, hilangnya semangat, gangguan makan dan penurunan berat badan, gangguan kesehatan dan penurunan tingkat aktifitas. Dalam proses konseling yang terjadi menggunakan bimbingan konseling Islam dengan terapi realitas WDEP (Wants, Doing, Evaluation, and Planning) konseli akan di bantu konselor untuk menemukan keinginanya yaitu mengurangi gejala-gejala depresi dan mengarahkan tindakan yang akan dilakukan setelahnya membuat penilaian dan perencanaan selanjutnya untuk di masa mendatang aar gejala-gejala depresi tidak muncul pada dirinya lagi. Hasil akhir dari proses bimbingan konseling Islam dalam penelitian ini berhasil dengan presentase 87,5% yang mana hasil tersebut dapat dilihat dari adanya perubahan gejala yang sering mncul pada konseli menjadi jarang muncul pada konseli.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraeni, Widyanti Shintyawidyantishintya77@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Depresi
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling Islam; Terapi Realitas; Depresi; Kegagalan Pernikahan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Anggraeni Widyanti Shintya
Date Deposited: 06 Feb 2019 04:46
Last Modified: 06 Feb 2019 04:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29187

Actions (login required)

View Item View Item