Konseling Islam melalui token ekonomi dalam upaya meningkatkan konsentrasi belajar pada seorang anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) di SLB C Kemala Bhayangkari 2 Gresik

Fiyati, Sairotul Uly (2019) Konseling Islam melalui token ekonomi dalam upaya meningkatkan konsentrasi belajar pada seorang anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) di SLB C Kemala Bhayangkari 2 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sairotul Uly Fiyati_B93215117.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses Konseling Islam melalui Token Ekonomi dalam upaya meningkatkan konsentrasi belajar pada seorang anak ADHD di SLB C Kemala Bhayangkari 2 Gresik ? (2) Bagaimana hasil dari proses terapi dengan menggunakan Konseling Islam melalui Token Ekonomi dalam upaya meningkatkan konsentrasi belajar pada seorang anak ADHD di SLB C Kemala Bhayangkari 2 Gresik? Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang peneliti dapatkan dilapangan dianalisis dengan menggunakan deskriptif komparatif, yaitu analisis hasil penelitian yaitu dengan membadingkan perilaku konseli sebelum dan sesudah dilakukan proses Konseling Islam melalui Token Ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Konseling Islam melalui Token Ekonomi dalam upaya meningkatkan konsentrasi belajar pada seorang anak ADHD di SLB C Kemala Bhayangkari 2 Gresik. Untuk menjelaskan proses dan hasil proses tersebut, peneliti menggunakan pendekatan Konseling Islam melalui Token Ekonomi pada umumnya, yaitu dengan mengembangkan potensi fitrah beragamanya dengan suatu teknik dimana perilaku-perilkau yang ditargetkan di beri penguatan postif berupa token berisikan nama-nama asmaul husna, yang nantinya token tersebut ditukarkan dengan barang yang diinginkan oleh konseli. Dengan pendekatan ini konseli diharapkan dapat mengubah perilakunya yaitu meningkatkan konsentrasi belajarnya. Dengan Konseling Islam melalui token ekonomi ini dapat memotivasi konseli karena dengan adanya stimulus berupa hadiah atau reward kepada konseli supaya lebih giat belajar, secara tidak langsung juga melatih konsentrasinya dalam belajar dan konseli akan selalu berusaha menjadi yang terbaik. Hasil dari proses konseling islam melalui token ekonomi dalam penelitian ini berhasil dengan presentase 86%, yang mana hasil tersebut dilihat dari adanya perubahan pada diri konseli dalam hal ini meningkatnya konsentrasi belajar konseli serta meningkatnya hasil belajar konseli yaitu untuk membaca sudah terlaksana dengan baik dengan mengenal beberapa huruf, untuk menulis kata dan angka puluhan sudah terlaksana dengan baik, untuk mencocokan gambar sudah terlaksana dengan baik, akan tetapi untuk berhitung masih kadang-kadang terlaksana dengan baik karena masih membutuhkan arahan dan bimbingan.

Email: Sairotululyfiyati@gmail.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Fahmi, Lukman
Uncontrolled Keywords: Konseling Islam; Token Ekonomi
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Fiyati Sairotul Uly
Date Deposited: 06 Feb 2019 03:55
Last Modified: 06 Feb 2019 04:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29185

Actions (login required)

View Item View Item