Konseling terapi feminis dengan tekhnik reframing dan relabelling untuk menghilangkan trauma akibat pola asuh orang tua otoriter (studi kasus Santriwati Madrasah Aliyah Bilingual Al Amanah Krian)

Hidayati, Nurul Azizah (2019) Konseling terapi feminis dengan tekhnik reframing dan relabelling untuk menghilangkan trauma akibat pola asuh orang tua otoriter (studi kasus Santriwati Madrasah Aliyah Bilingual Al Amanah Krian). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Azizah Hidayati_B93215075.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian ini ditemukan bahwa proses terapi feminis dalam mengatasi trauma pada korban kekerasan dalam rumah tangga dilakukan melalui beberapa tahapan, yakni 1. Mengajak klien untuk berpikir tentang beberapa pikiran irasional yang telah menganggu tingkah laku klien; 2. Membantu klien mengatasi ketakutan yang dirasakannya; 3. Menantang klien untuk menguji harapan yang ingin dicapai; 4. Membantu cara berpikir klien agar klien dapat berfikir logis sehingga klien bisa mengamati dan meminimalkan kesimpulan-kesimpulan yang tidak logis sekarang ataupun pada masa yang akan datang, yang sudah terbentuk pada pikiran klien agar di masa datang pikiran tersebut tidak merusak dirinya. Dalam penelitian ini, proses terapi dilakukan dengan menggunakan pendekatan Feminist Terapi dalam mengatasi trauma akibat kekerasan dalam rumah tangga. Dan diketahui bahwa hasil akhir dari proses konseling ini tergolong cukup berhasil dengan presentase karena dapat memenuhi empat indikator keberhasilan. Hal ini sesuai dengan nilai skor 62,5 % yang tergolong dalam kategori 60 % sampai dengan 75 % yang dikategorikan sebagai cukup berhasil. Hasil ini dapat dilihat melalui perubahan yang terjadi pada diri konseli kearah yang lebih baik konseli dapat menghilangkan traumanya

Email: jahjijah6@gmail.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Rofiq, Arif Ainur
Uncontrolled Keywords: Terapi Fminis; Trauma; Pola Asuh Otoriter
Subjects: Bimbingan Konseling
Orang tua dan Anak
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Hidayati Nurul Azizah
Date Deposited: 07 Feb 2019 03:14
Last Modified: 07 Feb 2019 03:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29178

Actions (login required)

View Item View Item