Pengembangan model pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis kecerdasan spiritual dan emosional untuk membina akhlak mahasiswa di Universitas Negeri Malang

Sultoni, Achmad (2018) Pengembangan model pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis kecerdasan spiritual dan emosional untuk membina akhlak mahasiswa di Universitas Negeri Malang. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Sultoni_F530115022.pdf

Download (7MB)

Abstract

Menurut aturan pemerintah, mata kuliah PAI di perguruan tinggi umum diberi tugas untuk menghasilkan mahasiswa yang bertaqwa dan berakhlak mulia. Namun dalam praktiknya, pembelajaran PAI di Universitas Negeri Malang (UM) cenderung fokus pada peningkatan pengetahuan. Kondisi ini diperparah dengan adanya sebagian mahasiswa yang melakukan akhlak tercela. Oleh karena itu dibutuhkan model pembelajaran PAI yang berorientasi pada pembinaan akhlak mahasiswa. Model pembelajaran PAI berbasis kecerdasan spiritual dan emosional (integrasi konsep tasawuf dan psikologi) dipandang dapat menjadi solusi, sebab dua kecerdasan ini mengarah pada pembinaan akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran PAI berbasis kecerdasan spiritual dan emosional untuk membina akhlak mahasiswa UM yang terdiri dari sintaks, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung, dan dampak utama dan pengiring. Model pembelajaran dinilai dari aspek kesahihan, kepraktisan dan keefektifannya. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan penelitian pengembangan model Plomp, yang terdiri dari lima fase, yaitu: 1) investigasi awal, 2) desain, 3) realisasi/konstruksi, 4) tes, evaluasi dan revisi, dan 5) implementasi. Uji coba dilaksanakan menggunakan desain pra eksperimen pretest-posttest pada lima kelas mahasiswa semester II dan IV pada semester genap 2017/2018. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, lembar deskripsi sikap, skala sikap, dan dianalisis menggunakan analisis kualitatif deskriptif dan uji T berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) model pembelajaran mendapat nilai sangat valid dengan rerata nilai 90,74, 2) model pembelajaran dinilai sangat praktis dengan rerata nilai 91,01, dan 3) model pembelajaran dinilai sangat baik dan dapat meningkatkan akhlak dengan rincian; a) uji coba luas I memperoleh nilai thitung 6,899 dengan nilai signifikansi 0,000; nilai ttabel pada derajat bebas 31 dan taraf nyata 0,05 sebesar 2,040, b) uji coba luas II mendapat nilai thitung 5,964 dengan nilai signifikansi 0,000; nilai ttabel pada derajat bebas 26 dan taraf nyata 0,05 sebesar 2,056. Jika dibandingkan, thitung > ttabel atau nilai signifikansi < 0,05, disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rerata nilai sebelum dan sesudah pembelajaran. Dengan demikian model pembelajaran dapat digunakan untuk membina akhlak mahasiswa UM.

Email: ahmadsulthon24@yahoo.com
Item Type: Thesis (PhD)
Supervisor: Mudlofir, Ali
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; kecerdasan spiritual; kecerdasan emosional; akhlak
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Program Doktor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sulthon Ahmad
Date Deposited: 07 Feb 2019 06:40
Last Modified: 23 Apr 2019 06:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29164

Actions (login required)

View Item View Item