Studi komparatif tayangan iklan Kartu As versi Endorser Klantink dan Sm*sh terhadap minat mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya

Yuliastuti, Cicik Harirah (2011) Studi komparatif tayangan iklan Kartu As versi Endorser Klantink dan Sm*sh terhadap minat mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cicik Harirah Yuliastuti_B06207076.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterkaitan iklan yang diendorser selebritis terhadap minat mahasiswa dan mengetahui efektifitas iklan yang menggunakan endorser selebritis dalam kaitannya dengan niat beli konsumen. Sehingga dari hasil penelitian diharapkan dapat memberikan suatu bukti empiris mengenai keefektifan penggunaan endorser selebritis dan non selebritis dari iklan suatu produk. Pada penelitian ini pengujian hipotesis menggunakan alat analisis anova two way. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya, sedangkan sampel penelitian 147 orang mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya dengan teknik pengambilan sampling menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian diketahui bahwa perbandingan minat mahasiswa terhadap ildan kartu As dengan menggunakan endorser "Klantink" dan endorser "Sm*sh". Berdasarkan data di atas menunjukkan rata-rata (mean) minat mahasiswa ildan kartu As versi Klantink sebesar 89.0270 lebih rendah dibandingkan dengan rata­ rata (mean) minat mahasiswa iklan kartu As versi Sm*sh yang sebesar 93.4932. Hal ini terlihat dari mean different sebesar -446612 yang diperoleh dari 89.0270 - 93.4932 = - 446612. Berdasarkan data tersebut maka dapat dipahami bahwa ada perbedaan yang signifikan minat mahasiswa terhadap iklan kartu As versi Klantink dan Sm*sh. Dari penelitian di atas kemudian terdapat saran penelitian ini dapat dijadikan titik awal untuk melanjutkan penelitian selanjutnya mengenai iklan kartu As, dengan teori-teori yang lebih mutakhir. Mengingat persaingan dalam bisnis provide semakin ketat bagi perusahaan disarankan untuk melakukan peningkatan inovasi menciptakan design yang inovatif Mengevaluasi secara periodik terhadap image endorser iklan kartu As sehingga mendapatkan basil apakah endorser perlu dipertahankan atau hams memilih endorser yang barn sesuai dengan trend yang sedang berkembang dengan cara memonitor kebidupan pnbadinya apakah masih diminati oleh konsumen atau tidak, sehingga konsumen tidak bosan dengan tokoh iklan yang ada.

Email: digilib@uinsby.ac.id
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sulhan, M. Hamdun
Uncontrolled Keywords: Iklan; Perbandingan Minat; Endorser
Subjects: Iklan
Telekomunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Jan 2019 08:40
Last Modified: 29 Jan 2019 08:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29143

Actions (login required)

View Item View Item