Analisis Simbol Representasi Nasionalisme pada Film 300 Sparta

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mistono, Koinul (2011) Analisis Simbol Representasi Nasionalisme pada Film 300 Sparta. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Koinul Mistono_B06207080.pdf

Download (6MB)

Abstract

Beberapa konflik terjadi di dunia yang telah mewarnai layar sejarah manusia sejak tahun 2001 sampai 2009, antara lairnya yaitu: genjatan senjata Amerika Serikat (AS) kepada Afganistan pada tahun 200 I dan terhadap Iraq pada maret tahun 2003 hingga 8 september 2004. Kemudian Israel ke Jalur Gazza pada desember 2008 sampai januari 2009. Oleh karena itu, indikasi penguasaan atau penjajahan wilayah masih kerab terjadi di belahan dun ia ini. Ada dua persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu (l) Simbol-simbol nasionalisme yang muncul di dalam film 300 Sparta, (2) Mak.na simbol nasionalisme yang terkandung di dalam film 300 Sparta. Sebagaimana persoalan-persoalan tersebut akan diuraikan peneliti secara menyeluruh dan mendalam dalam penelitian ini. Sebagai upayanya maka penelitian ini menggunakan j erus penelitian analisis isi deskriptif yang bertuju an untuk memberikan fakta dan data mengenahi simbol representasi nasionalisme yang ada pada film 300 Sparta, kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan semiotika menurut Charles Sander Pierce, yaitu segi tiga makna, sehingga diperolehnya makna yang sesuai dan mendalam tentang simbol representasi nasionalismenya. Adapun hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Perjuangan orang-orang yang merdeka untuk membelah dan mempertahankan kemerdekaan, kesatuan, keaslian, dan kehorrnatan bangsanya. (2) Kesetiaan dan Pengabdian orang-orang merdeka untuk negara dan bangsanya. Bertitik pada peneli tian ini, beberapa saran sebagai pertimbangan kualitas perfi lman durua khususnya Indonesia, yaitu aspek perfilman yang mempetahankan dan meningkatkan unsur pendidi kannya. Adapun mengenahi aspek tek.nisnya, yaitu tentang banyak.nya komentar terhadap film ini (cerita sejarah Yunani yang tidak sempurnah), maka ide cerita, dan naskahnya pun harus disesuaikan sebagaimana mestinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mistono, Koinul--UNSPECIFIED
Subjects: Film
Nasionalisme
Uncontrolled Keywords: Simbol; Representasi Nasionalisme; Film
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Jan 2019 07:53
Last Modified: 29 Jan 2019 07:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29141

Actions (login required)

View Item View Item