Analisis hukum Islam terhadap praktik jual beli makanan dan aplikasi Go-food

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ika rahayu, Halimatus Sadiyah (2019) Analisis hukum Islam terhadap praktik jual beli makanan dan aplikasi Go-food. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Halimatus Sadiyah_C92214115.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Makanan dan aplikasi Go-Food” merupakan penelitian yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan: Bagaimana praktik jual beli makanan dan aplikasi Go-Food dan Bagaimana analisis hukum Islam terhadap praktik jual beli makanan dan aplikasi Go-Food. Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang dihimpun melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi lalu data tersebut dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif melalui pola pikir deduktif yakni menguraikan teori jual beli dan salam untuk menganalisis jual beli makanan melalui aplikasi Go-Food di PT. Go-Jek. Cabang Surabaya. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa praktik akad jual beli makanan dan aplikasi Go-Food belum terlaksana dengan baik karena adanya ketentuan diluar kesepakatan awal yang dilakukan oleh pihak driver ketika makanan yang dipesan oleh pembeli terjadi perubahan harga namun pihak driver tidak konfirmasi terlebih dahulu ke pembeli apakah transaksi tersebut tetap berlanjut atau dibatalkan. Yang menurut hukum Islam, praktik jual beli tersebut tidak sah ketika driver tidak konfirmasi adanya perbedaan harga dan dikatakan sah jika driver konfirmasi adanya perbedaan harga dan konsumen memilih untuk melanjutkan jual beli tersebut. Pada akhir penulisan skripsi ini penulis menyarankan kepada pihak-pihak yang melakukan akad, kepada kantor Go-Jek disarankan untuk memberikan note di aplikasi bahwa perkiraan harga pada aplikasi merupakan harga sementara yang bisa berubah dan harga yang valid merupakan harga struk yang sudah di masukan driver saat sesudah memesan dan mendapatkan nota agar konsumen dan driver sama-sama mengetahui dan tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Kepada Driver disarankan jika ada perbedaan harga antara aplikasi dan nota mohon untuk dikonfirmasikan ke pelanggan terlebih dahulu meskipun harga tersebut rendah namun lebih baik dikonfirmasikan agar tidak terjadi ketidakrelaan. Dan untuk konsumen agar lebih teliti lagi bahwa harga estimasi yang berada di aplikasi merupakan harga sementara yang bisa berubah-ubah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ika rahayu, Halimatus Sadiyahhalimahr18@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Jual Beli > Jual Beli
Keywords: Jual Beli online; Aplikasi Go-Food
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Rahayu Halimatus Sadiyah Ika
Date Deposited: 30 Jan 2019 02:01
Last Modified: 30 Jan 2019 02:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29136

Actions (login required)

View Item View Item