Aplikasi metode diskusi buzz group dalam upaya meningkatkan komunikasi interpersonal siswa pada materi PAI di SMA plus Darussalam Lawang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhammad, Yusuf (2009) Aplikasi metode diskusi buzz group dalam upaya meningkatkan komunikasi interpersonal siswa pada materi PAI di SMA plus Darussalam Lawang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Yusuf_D31304053.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29131

Abstract

Dalam praktek kegiatan pembelajaran di sekolah, sering kali guru mendominasi kegiatan proses belajar dan siswa berlaku pasif. Dalam hal ini bukan berarti guru dengan bebas untuk dapat menyampaikan materinya sedang siswa hanya duduk, diam dan mendengar. Dalam hal ini bukan berarti kemampuan guru yang kurang, melainkan penerapan, sistem, strategi dan metode pembelajaran yang tidak tepat, karena guru mengajar dengan kemampuan personalnya saja tidak memanfaatkan komunikasi Interpersonalnya. Fokus kajian pada skripsi ini adalah berusaha menggambarkan bagaimana penerapan metode diskusi buzz group dalam upaya meningkatkan komunikasi interpersonal siswa pada materi PAI di SMA Plus Darussalam Lawang. Yang disertai dengan faktor pendukung dan penghambat serta hasil dari penerapan metode tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Yakni dengan cara memberikan interpretasi logis dari gambaran pada sumber obyek. Sehingga lebih ditekankan pada penelitian langsung yang intensif, mendalam, mendetail, dan komprehensif dalam analisis data atau observasi valid. Sumber data dalam penelitian ini adalah ketua yayasan, Kepala Sekolah, guru dan siswa SMA Plus Darussalam Lawang sedangkan untuk mendapatkan data yang diinginkan, digunakan teknik penelitian wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan setelah data terkumpul untuk mendapatkan kesimpulan data. Peneliti analisis dengan teknik analisis deskriptif dan metode induktif. Berdasarkan hasil penelitian, maka penerapan metode diskusi buzz group sangat membantu dalam meningkatkan komunikasi interpersonal siswa sehingga mampu mengembangkan citra siswa menjadi lebih aktif, kreatif, cakap dan tanggap dalam berkomunikasi sehingga dapat membantu dalam proses belajar mengajar. Dengan adanya indikator respon siswa selama pembelajaran dan diperkuat lagi dengan hasil belajar siswa dalam penerapan metode diskusi buzz group dalam upaya meningkatkan kemampuan belajar siswa. dalam penerapan metode diskusi buzz group dalam upaya meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal dapat dianalisis dan dikaji dengan adanya dampak positif dan negatif terhadap peserta didik, semoga dengan penelitian ini dapat dijadikan khasanah keilmuan khususnya dalam pengembangan sebuah metode pembelajaran pada siswa SMA.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhammad, YusufUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Pendidikan > Pendidikan Materi
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode diskusi buzz group; komunikasi interpersonal; materi PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Jan 2019 07:39
Last Modified: 28 Jan 2019 07:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29131

Actions (login required)

View Item View Item