PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN AKTIVITAS BELAJAR BACA TULIS AL-QUR’AN DIBIDANG PAI SMP NEGERI 29 SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahmudah, Nur Rif'atul (2015) PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN AKTIVITAS BELAJAR BACA TULIS AL-QUR’AN DIBIDANG PAI SMP NEGERI 29 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (936kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (263kB) | Preview

Abstract

Proses pendidikan dalam sistem sekolahan kita, umumnya belum seberapa penerapan perhatian penuh terhadap proses pembelajaran yang mengacu pada AKTIVITAS belajar siswa secara keseluruhan, yaitu prestasi pada aspek kognitif, psikomotor, dan efektif siswa. Dan aktivitas belajar siswa itu juga sangat dipengaruhi oleh strategi dalam pembelajaranya. Oleh karena itu bila berbicara tentang rendahnya daya serap atau prestasi belajar, maka salah satunya adalah karena belum terwujudnya ketrampilan pembelajaran siswa aktif. Masalah Aktivitas dalam
belajar menyangkut masa depan lebih-lebih bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar dan belum tahu untuk apa manfaat pembelajaran.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan
kualitatif yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara (interview) dan dokumenstasi.Kemudian data dianalisa dengan langkah-langkah reduksi data, display data, verifikasi dan simpulan agar mendapatkan hasil penganalisaan data secara aktual dan mendalam sesuai dengan
topik penelitian.Srategi pembelajaran yang tepat yaitu Aktivitas belajar adalah salah satu usaha dalam pendidikan
yang bertujuan untuk memotivasi siswa mencapai penguasaan tujuan terhadap kompetensi khususnya bidang pendidikan Agama Islam disekolah adalah bertujuan untuk menumbuhkan dan
meningkatkan keimanan melalui pengetahuan, penghayatan, dan pengalaman peserta didik sehingga menjadi manusia muslim yang bertaqwa, berbangsa dan bernegara.Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dan dapat disimpulkan Bahwa guru dalam melaksanakan pembelajaran baca tulis Al-qur’an cukup baik, bahwa terdapat kelemahankelemahan pada pembelajaran baca tulis Al-qur’an yaitu peragaan yang dilakukan guru belum memberikan kontribusi besar terhadap pemahaman dan penguasaan materi pembelajaran, guru
tidak selalu memberikan pertanyaan mengenai materi pembelajaran baca tulis Al-qur’an sebelumnya, kesulitan-kesulitan, siswa dalam pembelajaran baca tulis Al-qur’an kurangnya perhatian guru terhadap kondisi masing-masing siswa baik dalam penyampaian materi maupun pemantauan hasil belajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Abd Kadir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahmudah, Nur Rif'atulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Minat Baca
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Baca Tulis Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Aries Hamidah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Dec 2015 08:43
Last Modified: 04 Dec 2015 08:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/2912

Actions (login required)

View Item View Item